Understanding The Duality Role of Women in Agricultural Society (Study in Sumberdodol Village, Magetan Regency, East Java Province)

Authors

  • Ttia Subekti Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya
  • Irza Khurun'in Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.36636/jogiv.v1i2.360

Abstract

ABSTRAK

Aktivitas pertanian tidak bisa dipisahkan dari peran perempuan. Mereka berperan muali dari sebelum proses produksi, proses produksi, memanen, paska panen dan menjual hasil panen. Desa sumberdodol Kabupaten Magetan merupakan desa pertanian di Jawa Timur yang tidak bisa dipisahkan dari peran perempuan dalam aktivitas pertanian. Perempuan di Desa Sumberdodol banyak yang beraktivitas sebagai pekerja pertanian untuk mendukung ekonomi keluarga. Disisi lain, mereka juga tetap menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga dalam keluaga mereka. Perempuan dalam masyarakat menjalankan dua peran sekaligas, yakni pada ranah domestic dan ranah public/ekonomi. Penelitian ini menggunakan wawancara, obersavasi, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Teori yan digunakan adalah WID (woman in development) dengan empat komponen yaitu: welfare, equity, antipoverty, efficiency dan empowerment of women in development. Namun, WID kurang dalam melihat atau memahami gap dalam peran ganda perempuan. Sehingga tulisan ini juga menggunakan konsep kesetaraan gender untuk melihat gap dalam peran ganda perempuan. Argumen utama dari penelitian ini adalah proses pembangunan melalui kegiatan pertanian mendorong keberadaan peran ganda perempuan; ada ketidaksetaraan gender di sektor ini dan merupakan hambatan bagi pembangunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan di pedesaan, melalui studi di Desa Sumberdodol Kabupaten Magetan, mengabaikan kesetaraan gender di tempat kerja. Oleh karena itu, perlu restrukturisasi program pembangunan.

Kata kunci:pertanian, pembangunan, kesetaraan gender, perempuan

 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-09

How to Cite

Subekti, T., & Khurun’in, I. (2019). Understanding The Duality Role of Women in Agricultural Society (Study in Sumberdodol Village, Magetan Regency, East Java Province). Journal of Governance Innovation, 1(2), 64-78. https://doi.org/10.36636/jogiv.v1i2.360