Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filosofis (Ontologi, Epistemologi dan Axiologi) Pendidikan Islam

Main Article Content

Sunardji Dahri Tiam

Abstract

Abstrak: Konteks penelitian ini adalah kajian terhadap Pendidikan Islam yang dalam sejarah perjalanannya terkesan didekotomikan dan kalah bersaing dengan Pendidikan umum, sehingga kesan tersebut menjadi beban historis-psikologis yang bersemayam secara kronis di hati persepsi masyarakat, hususnya masyarakat Muslim. Oleh karena itu kami mengadakan kajian dengan Fokus bagaimana tinjauan filosofis, dalam hal ini pandangan Ontologi, Epistemologi dan Axiologi terhadap pendidikan Islam? Sejalan dengan focus tersebut maka tujuan yang akan dicapai adalah untuk mengetahui pandangan Ontologi, Epistemologi dan Axiologi terhadap Pendidikan Islam. Kajian ini merupakan kajian pustaka yang memakai metode diskriptif-komparatif yang dianalisa dengan pendekatan kritis-historis dengan pola pikir reflektif dalam hal ini induktif-deduktif, terutama dari ajaran Islam (al-Quran dan Hadits). Hasil nya; Ontologi menyimpulkan bahwa Pendidikan Islam adalah perpaduan antara progresivisme-esensialisme plus. Sedangkan Epistemologi menyimpulkan bahwa Pndidikan Islam ternyata tidak hanya mngakui acquired knowledge (pengetahuan yang diperoleh) melainkan juga mengakui prennial knowledge (pengetahuan abadi yang diberi). Dan Axiologi menyimpulkan bahwa Pendidikan Islam itu tidak hanya mentransfer nilai-nilai insaniyah melainkan juga nilai-nilai Ilahiyah.


 


Kata-kat kunci: Pendidikan Islam, filosofis (ontologi, epistemologi Axiologi).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles