PERANAN ALUMNI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT

studi kritis peran alumni perguruan tinggi islam

  • Suhardin Din Hardin Universitas Ibnu Chaldun

Abstract

Fokus penelitian ini bagaimana peranan alumni Perguruan tinggi Keagamaan Islam Negeri; sub fokus pertama, bagaimana keterserapan  PTKI UIN Suska Riau, khususnya alumni Pendidikan Agama Islam  (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) di tengah masyarakat; Kedua, bagaimana pembinaan pembinaan kemahasiswaan PTKI UIN Suska Riau, khususnya alumni Pendidikan Agama Islam  (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK); Ketiga, bagaimana pengembangan kurikulum PTKI UIN Suska Riau, khususnya alumni Pendidikan Agama Islam  (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK); Keempat,  bagaimana struktur program PTKI UIN Suska Riau, khususnya alumni Pendidikan Agama Islam  (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK); Kelima, bagaimana sebaran alumni PTKI UIN Suska Riau, khususnya alumni Pendidikan Agama Islam  (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) di tengah masyarakat;


Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif research, penelitia mengumpulkan informasi, dokumentasi dan data kepada pihak yang berwenang, dengan prosedure choaching, legalitas, konfirmasi terhadap sumber data. Temuan yang didaparkan dalam penelitian ini, pertama PAI dari tahun 165 telah  melahirkan alumni sebanyak 5.775 (lima ribu tujuh ratus tujuh puluh lima orang, alumni tersebut telah dilakukan pelacakan dengan tracer studi dengan menghasilkan nilai baik sekali sebanyak 79,5 baik 18,28 dan cukup 2,19 dari komponen integritas, profesionalitas, tahfidz, penguasaaan TIK, komunikasi, kerjasama, dan pengembangan diri; Kedua, mahasiswa PAI berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan ada yang berasal dari luar negeri; Ketiga, kurikulum yang diterapkan berdasarkan Kepmen Diknas RI No. 045/U/2002 tentang KIPT. Dengan kompetensi utama wawasan, intelektual, sosial, sikap apresiatif, demokratis, dan peran aktif di tengah masyarakat; Keempat, struktur program studi PAI berdasarkan Permenag RI No. 8 Th. 2005 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja UIN; dan Kelima, sebaran alumni ke berbagai daerah di Indonesia, dikembangkan oleh Alumni Ikatan Alumni Program Studi yang diketuai Dr. H. Nashruddin, M Ag.  Sebaran karier 86,5% jadi guru, 3,8% wiraswasta, 7,7%  karyawan dan 2,0% jadi ibu rumah tangga dan bapak rumah tangga.


Kesimpulan penelitian bahwa alumni UIN Suska Prodi PAI berperan nyata di tengah masyarakat sesuai dengan profesinya, pendaftar menjadi mahasiswa PAI meningkat tajam tahun 2009-2010, tidak seimbang dengan fasltas layanan, kurikulum selalu berinovasi, berimprovisasi sesuai tuntutan dan regulasi, struktur sesuai dengan tata aturan dan regulasi nasional dan rektorat. Dengan demikian peneliti merekomendasikan lebih mempercepat masa tunggu kerja alumni dengan menerapkan bulan bursa kerja, pendaftaran mahasiswa baru perlu dipertimbangkan untuk membuat quota seperti sekolah kedinasan, kurikulum lebih difokuskan kepada pengembangan profesi, dan peningkatan kemampuan bahasa perlu di tingkatkan


Key Word : peranan alumni Perguruan tinggi Keagamaan Islam Negeri, Penerimaan dan Profesional.

Published
2019-02-06
How to Cite
HARDIN, Suhardin Din. PERANAN ALUMNI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 197 - 217, feb. 2019. ISSN 2541-3961. Available at: <http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/145>. Date accessed: 27 may 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.