PENGGUNAAN MEDIA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN TATA CARA WUDHU PESERTA DIDIK AUTIS

Penggunaan Media Bergambar Untuk Meningkatkan Tata Cara Wudhu Peserta didik Autis

Authors

  • dina kamaliah special education

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tata cara berwudhu khususnya untuk peserta didik autis. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas VIIni dilakukan dalam 2 siklus tindakan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui sejauh mana peserta didik dapat melakukan wudhu dengan runtut dan benar. Agar dapat mengetahui adanya keberhasilan peserta didik dalam berwudhu, maka dilaksanakan tes wudhu. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, bahwa penggunaan Media Bergambar pada mata pelajaran PAI pada pokok bahasan wudhu peserta didik autis kelas VII SMPLB Putra Jaya Kota Malang meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari meningkatnya aktivitas belajar, yakni pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 64%. Pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 75,56%. Serta hasil belajar peserta didik meningkat, ketuntasan klasikal mencapai 80% dari ketuntasan klasikal yang di tetapkan yaitu 70%. Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran menggunakan Media Bergambar juga meningkat hingga mencapai keberhasilan 96% yang termasuk dalam kategori baik sekali. Kesimpulan dari penelitian ini penggunaan media bergambar pada pembelajaran PAI pokok bahasan berwudhu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam berwudhu.

 

Kata kunci: Media bergambar, Tata cara wudhu, Autis



Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

kamaliah, dina. (2019). PENGGUNAAN MEDIA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN TATA CARA WUDHU PESERTA DIDIK AUTIS: Penggunaan Media Bergambar Untuk Meningkatkan Tata Cara Wudhu Peserta didik Autis. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 195-204. Retrieved from http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/326