KORELASI MANAJEMEN KELAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING TERHADAP PERILAKU TAKDZIM SANTRI

KORELASI MANAJEMEN KELAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING

Authors

  • defi dachlian STAI Hasan Jufri Bawean

Abstract

Dalam lembaga pendidikan di pesantren manajemen kelas dilakukan untuk mendukung proses pembelajaran kitab kuning yang berkualitas. Berbagai inovasi dilakukan untuk menciptakan suasana  belajar yang baikdan menarik bagi santri, dengan harapan dapat memahami kandungan makna dlam setiap kitab kuning yang diajarkan sehingga santri mempunyai perilaku takdzim yang baik kepada setiap orang.

Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) korelasi antara manajemen kelas dengan perilaku takdzim santri di Pondok Pesantren Nurut taqwa Sangkapura Gresik. (2) korelasi antara kemampuan membaca kitab kuning dengan perilaku takdzim santri di Pondok Pesantren Nurut Taqwa, (3) korelasi antara manajemen kelas dan kemampuan membaca kitab kuning secara bersamaan dengan perilaku takdzim santri di Pondok pesantren Nurut Taqwa Sangkapura Gresik.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metodologi kuantitatif, teknik pengumpulan data penyebaran angket, wawancara, dan observasi. Teknik sampel dengan 50 santri sebagai responden. Teknik analisis data menggunakan system SPSS 23 dengan uji prasyarat: uji normalitas data, uji regresi ganda, uji linearitas dan uji hipotesis.

Hasil penelitian dari analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1). Tidak ada korelasi yang positif dan signifikan antara manajemen kelas terhadap perilaku takdzim santri, karena nilai r hitung < dari r table (-0,068<0,279). 2) ada korelasi positif yang signifikan antara kemampuan membaca kitab kunig terhadap perilaku takdzim santri karena hasil dari  r hitung > dari r table (0,476 > 0,279). 3) ada korelasi antara Manajemen Kelas dan Kemampuan Membaca Kitab Kuning terhadap Perilaku Takdzim Santri di Pondok Pesantren Nurut Taqwa, dari hasil perhitungan dan analisis data yang telah dilakukan maka didapat perolehan nilai dari rx1,2y = 0,490 dengan p=0,002 dan F=7,421 dan sesuai dengan kaidah dalam uji hipotesis maka hasil yang didapatkan adalah sangat signifikan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

dachlian, defi. (2019). KORELASI MANAJEMEN KELAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING TERHADAP PERILAKU TAKDZIM SANTRI: KORELASI MANAJEMEN KELAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 179-194. Retrieved from http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/367