Metode Pendidikan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Al-Qur’an Surat Luqman

Authors

  • Lidia Oktavia Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Aflatun Muchtar Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ahmad Zainuri Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ari Sandi Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pendidikan anak dalam keluarga ditinjau dari perspektif Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19. Metode pendidikan yang diterapkan Luqman kepada anaknya adalah menggunakan metode-metode keagamaan yang berbasis pada tauhid. Metode penelitian ini menggunakan kajian pustaka (library reasearch). Komponen yang terdapat dalam surat Luqman ini adalah pendidik, peserta didik, metode pendidikan anak, materi pendidikan serta tujuan pendidikan. Luqman sebagai pendidik sedangkan anaknya sebagai peserta didik. Metode pendidikan anak yang diterapkan Luqman adalah metode nasihat (maw’idah), keteladanan (qudwah hasanah) dialog (al-hiwar), pembiasaan (tadriib) dan kisah-kisah (qissoh). Tujuan pendidikan Luqman terhadap anaknya adalah ketaqwaan, keimanan serta aklaq yang mulia.

 

Kata Kunci: Metode Pendidikan Anak, Surat Luqman ayat 13-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-28

How to Cite

Oktavia, L. ., Muchtar, A. ., Zainuri, A. ., & Sandi, A. . (2020). Metode Pendidikan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Al-Qur’an Surat Luqman. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 5(2), 148–166. Retrieved from http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/458