Pengaruh Pembelajaran Hadits Al-Arba’in terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Madrasah

Authors

  • Asvia Suraida UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i2.530

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pembelajaran hadits Al-Arba’in An-Nawawiyyah di Madrasah Diniyah Raudlotul Muta’allimin Surabaya, (2) mengetahui akhlak siswa di Madrasah Diniyah Raudlotul Muta’allimin Surabaya, (3) mengetahui pengaruh pembelajaran hadits Al-Arba’in An-Nawawiyyah terhadap akhlak siswa dan untuk menguji sejauh mana hubungan sebab akibat antara pembelajaran hadits Al-Arba’in An-Nawawiyyah terhadap akhlak siswa di Madrasah Diniyah Raudlotul Muta’allimin Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, menggunakan tehnik analisis deskriptif, analisis korelasi Product Moment dan regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran hadits Al-Arba’in An-Nawawiyyah di Madrasah Diniyah Raudlotul Muta’allimin Surabaya dikatakan cukup baik, hal ini terbukti dari hasil perolehan nilai rata-rata tentang hasil angket siswa sebesar 55 yakni terletak pada interval 55 – 57 dengan prosentase 20 %, (2) akhlak siswa di Madrasah Diniyah Raudlotul Muta’allimin dikatakan sangat baik, hal ini terbukti dari hasil perolehan nilai rata-rata tentang hasil angket siswa sebesar 56 yakni terletak pada interval 55 – 57 dengan prosentase 24 %, (3) pembelajaran hadits Al-Arba’in An-Nawawiyyah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap akhlak siswa, koefisien korelasi 0,643 pada interval 0,60 – 0,79 dengan taraf signifikan 5 % (0,396), yang dapat dicari seberapa besar garis pengaruhnya dan garis linier yang dibentuk ialah Y = 22,193 + 0,621 X.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Hadits Al-Arb’ain An-Nawawiyyah, Akhlak Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-11-2020

How to Cite

Suraida, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Hadits Al-Arba’in terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Madrasah. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(2), 138–147. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i2.530