POTENSI ALAM DAN PERILAKU EKONOMI MASYARAKAT DAERAH MARGINAL KABUPATEN MALANG STUDI KASUS DI DUSUN UMBUL REJO DESA SIDODADI KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN MALANG

  • Muhammad Romli Muar Universitas Islam Raden Rahmat

Abstract

Manusia diciptakan Allah SWT sebagai khalifah di atas bumi. Tugas manusia adalah memelihara bumi pada satu sisi dan mencari rejeki dari bumi pada sisi yang  lain. Untuk merealisasikan keduanya dibutuhkan ilmu pengetahuan agar bisa mengeksploitasi bumi tanpa merusaknya. Kreatifitas inovatif merupakan tuntutan agar seluruh kebutuhan terpenuhi dan bumi selalu terjaga dari kerusakan. Hasil bumi yang melimpah perlu sentuhan tangan-tangan trampil dalam mengolahnya sehingga bernilai ekonomi tinggi. Inilah yang menjadi realita di Dusun Umbulrejo Desa Sidodadi Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Hasil bumi  melimpah tapi kurang sentuhan keterampilan dan pola pikir produktif warga. Program Pengabdian Kepada Masyarakat Terintegrasi (PPM-T) Universitas Islam Raden Rahmat Malang mencoba membuka wawasan warga menuju usaha ekonomi kreatif dari hasil pertanian sebagai sarana peningkatan taraf perekonomian. Usaha ini diwujudkan dalam bentuk sosialisasi, pendampingan usaha kreatif sampai pada pendampingan dalam pemasaran.

Published
2018-07-31
How to Cite
MUAR, Muhammad Romli. POTENSI ALAM DAN PERILAKU EKONOMI MASYARAKAT DAERAH MARGINAL KABUPATEN MALANG STUDI KASUS DI DUSUN UMBUL REJO DESA SIDODADI KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN MALANG. at-tamkin: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 111 - 120, july 2018. ISSN 2621-3532. Available at: <http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/attamkin/article/view/102>. Date accessed: 19 sep. 2019.
Section
Pengabdian Masyarakat