PROGRAM PENGHIJAUAN DALAM RANGKA MENANAMKAN KESADARAN MENCINTAI LINGKUNGAN DI DESA KREBET SENGGRONG, KECAMATAN BULULAWANG, KABUPATEN MALANG

  • Siti Muawanatul Hasanah Universitas Islam Raden Rahmat

Abstract

Pelaksanaan KKN oleh Kelompok An-Nur di Desa Krebet Senggrong terdiri dari program fisik dan non-fisik. Program utamanya adalah penghijauan desa yang berupa, penanaman pohon, pembudidayaan tanaman sayuran di pekarangan, pembagian polibag gratis, dan sebagainya. Adapun program kerja non fisiknya adalah program-program yang terkait dengan pembelajaran dan pengembangan potensi masyarakat di lokasi yang digunakan untuk KKN. Program non fisik seperti pelatihan kewirausahaan, pendampingan kegiatan keagamaan, kelompok belajar untuk anak-anak, Posyandu, Pendampingan TPA, dsb. Program-program tersebut telah dilaksanakan dan diupayakan agar berjalan seoptimal mungkin dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. Pelatihan kewirausahaan yang telah dilaksanakan yakni pelatihan membuat rajutan wool dan pelatihan mendaur ulang sampah menjadi produk yang punya nilai guna dan nilai jual. Program kerja unggulan ini didasarkan pada tujuan dari mahasiswa KKN untuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan masyarakat. Selain itu juga didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan ketrampilan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Published
2018-07-31
How to Cite
HASANAH, Siti Muawanatul. PROGRAM PENGHIJAUAN DALAM RANGKA MENANAMKAN KESADARAN MENCINTAI LINGKUNGAN DI DESA KREBET SENGGRONG, KECAMATAN BULULAWANG, KABUPATEN MALANG. at-tamkin: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 121 - 126, july 2018. ISSN 2621-3532. Available at: <http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/attamkin/article/view/103>. Date accessed: 27 may 2019.
Section
Pengabdian Masyarakat