PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB MA/SMA/SMK

Authors

  • Mohammad Ahsanuddin Universitas Negeri Malang
  • Imam Asrori
  • Moh. Ainin
  • Ali Ma'sum
  • Laily Maziyah
  • Muhammad Alfan

DOI:

https://doi.org/10.33379/attamkin.v3i2.527

Keywords:

kompetensi, guru bahasa Arab, MA/SMA/SMK, kemahiran berbahasa, unsur berbahasa

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar kompetensi profesional guru bahasa Arab MA/SMA/SMK meningkat lebih khusus tentang strategi pembelajaran keterampilan berbahasa (istimak, kalam, qira’ah, dan kitabah) unsur-unsur bahasa (mufradat dan tarkib). Kegiatan ini berupa pelatihan peningkatan kompetensi guru bahasa Arab MA/SMA/SMK Malang yang dilaksanakan selama dua hari. Materi yang disampaikan kepada para peserta adalah pengajaran istimak (menyimak), pengajaran kalam (berbicara), pengajaran qira’ah (membaca), pengajaran kitabah (menulis), pengajaran mufradat (kosakata), dan pengajaran tarkib (susunan bahasa Arab). Sasaran pelatihan ini adalah guru bahasa Arab MA/SMA/SMK yang berjumlah 120 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah modeling, tanya jawab dan praktik. Hasil kegiatan terbagi menjadi tiga, yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan penutup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsanuddin, M., Ainin, Moh., & Asrori, I. (2019). THE MAPPING OF ARABIC LANGUAGE LEARNING IN SENIOR HIGH SCHOOLS AND VOCATIONAL SCHOOLS IN MALANG REGENCY. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 6(1), 18–35. https://doi.org/10.15408/a.v6i1.7308

Ainin, M. (2011). Fenomena Demotivasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Penyebab dan Alternatif Pemecahannya [10 April 2011]. Makalah Disampaikan Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Malang.

Ball, D. L., & Forzani, F. M. (2009). The Work of Teaching and the Challenge for Teacher Education. Journal of Teacher Education, 60(5), 497–511. https://doi.org/10.1177/0022487109348479

Farris, P. J. (1993). Language Arts: A Process Approach. Brown & Benchmark Publisher.

Ginting, A. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Humaniora.

Haris, A. (2008). Peningkatan Ketrampilan Bercakap Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya untuk Guru Bahasa Arab Sekolah Swasta Se-Kota Malang. Vol. 5.

Harley, K., Barasa, F., Bertram, C., Mattson, E., & Pillay, S. (2000). “The real and the ideal”: Teacher roles and competences in South African policy and practice. International Journal of Educational Development, 20(4), 287–304. https://doi.org/10.1016/S0738-0593(99)00079-6

Monyatsi, P., Steyn, T., & Kamper, G. (n.d.). Teacher perceptions of the effectiveness of teacher appraisal in Botswana. Teacher Appraisal, 15.

Downloads

Published

2020-10-15

How to Cite

Ahsanuddin, M., Asrori, I. ., Ainin, M., Ma’sum, A. ., Maziyah, L., & Alfan, M. (2020). PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB MA/SMA/SMK. at-Tamkin: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.33379/attamkin.v3i2.527