PENINGKATAN PRODUKTIFITAS UKM MELALUI PENGEMBANGAN MESIN PENGADUK SAOS DAN SELAI KOPI

Authors

  • Aripriharta Aripriharta Universitas Negeri Malang
  • Aji Prasetya Wibawa
  • Harits Ar Rosyid
  • Khoiruddin Asfanie
  • Siti Sendari

DOI:

https://doi.org/10.33379/attamkin.v3i2.531

Keywords:

UKM, selai kopi, mesin pengaduk

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara produsen dan eksportir kopi paling besar di dunia. Produksi dan konsumsi kopi nasional terus meningkat setiap tahun sehingga bisnis kopi menjadi salah satu usaha paling menjanjikan. Salah satu produk inovasi yang berasal dari kopi yaitu saos dan selai kopi seperti produk yang dihasilkan oleh UMKM Sejahtera Sentosa. UMKM Sejahtera Sentosa yang menjadi mitra pada pengabdian ini memproduksi saos dan selai kopi dengan nama label DeKofie dengan produktivitas yang meningkat. Tetapi mitra masih menggunakan proses produksi yang manual sehingga sulit untuk menambah jumlah produksinya. Sementara permintaan pasar semakin tinggi. Permasalahan yang dikaji dalam pengabdian ini yaitu bagaimana meningkatkan produktivitas dari mitra tanpa harus menambah jumlah karyawan. Upaya UM dalam mewujudkan RENSTRA UM dilakukan oleh tim abdimas dengan merumuskan solusi bagi mitra abdimas. Solusi yang diberikan tanpa menambah jumlah karyawan adalah dengan menggunakan mesin otomatis. Tim abdimas merancang dan menerapkan mesin pengaduk otomatis untuk membantu proses produksi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dengan menerapakan metode survei, desain dan instalasi dari TTG, evaluasi sebelum dan sesudah kegiatan. Kegiatan ini mendapat respon positif dari mitra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R. S. (2019). Produksi Kopi Indonesia Bertambah, Harga Bisa Makin Turun. https://market.bisnis.com/read/20190517/94/924070/produksi-kopi-indonesia-bertambah-harga-bisa-makin-turun

Baso, R. L., & Anindita., R. (2018). Analisis Daya Saing Kopi Indonesia. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 2(1), 1–9.

Indoneisa-Investments. (2017). Kopi. https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/komoditas/kopi/item186?

Kandari, A. M., Safuan, L. O., & Amsil, L. M. (2013). Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Pengembangan Tanaman Kopi Robusta (Coffea canephora) berdasarkan Analisis Data Iklim Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Geografi. Jurnal Agroteknos, 3(1), 8–13.

Limantara, J., Tedjokoesoemo, P. E. D., & Rizqy, M. T. (2019). Penggunaan Ampas Kopi Sebagai Material Alternatif pada Produk Interior. Jurnal INTRA, 7(2), 846–849.

Nalurita, S., Asmarantaka, R. W., & Jahroh, S. (2014). Analisis Daya Saing dan Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Indonesia. Jurnal Agribisnis Indonesia, 2(1), 63–74.

Rahardjo, & Pudji. (2012). Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Penebar Swadaya.

Rukmana, R. (2014). Untung Selangit dari Agribisnis Kopi. Lily Publisher.

Wibowo, A. (2019). Pemberdayaan Petani Singkong Desa Tumpakrejo Kalipare Malang Melalui Inovasi Produk Emping Singkong. Jurnal At-Tamkin, 2(2), 61–68.

Widyawati, S. (2019). Inspirasi Usaha Selai Kopi De Kofie Malang Buatan Hendrian Thomas, Ikuti Tren untuk Jaring Pasar.

Downloads

Published

2020-10-15

How to Cite

Aripriharta, A., Wibawa, A. P., Ar Rosyid, H., Asfanie, K., & Sendari, S. (2020). PENINGKATAN PRODUKTIFITAS UKM MELALUI PENGEMBANGAN MESIN PENGADUK SAOS DAN SELAI KOPI. at-Tamkin: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.33379/attamkin.v3i2.531