PENERAPAN INTEGRATED ORCHID FARM SEBAGAI SMART TECHNOLOGY DALAM BERTANI ANGGREK DI SIDOMULYO KOTA BATU

Authors

  • Purnomo Purnomo Universitas Negeri Malang
  • Tuwoso Tuwoso
  • Suharmanto Suharmanto

DOI:

https://doi.org/10.33379/attamkin.v4i2.966

Keywords:

Integrated orchid farm, smart technology, anggrek

Abstract

Badan Pusat Statistik kota Batu menyatakan bahwa Batu merupakan tempat budidaya tanaman terbaik di Jawa Timur. Salah satu jenis tanaman yang dibudidayakan adalah anggrek. Namun, dengan berkembang pesatnya kebutuhan tanaman hias selain anggrek, membuat habitat anggrek menjadi kurang terawat dan pertumbuhannya menjadi kurang optimal. Kelompok tani budidaya anggrek Sidomulyo merupakan mitra pada pengabdian ini. Permasalahan yang terdapat pada mitra adalah kurang diperhatikannya anggrek yang tumbuh di persawahan sidomulyo. Hal ini menyebabkan anggrek yang masih kecil tidak terawat dan rentan membusuk. Bentuk kurang diperhatikannya tanaman anggrek tersebut adalah tidak adanya waktu dan tenaga untuk mengurus tanaman anggrek seperti melakukan pengairan yang baik, pemupukan yang teratur dan pengusiran hama pada tanaman anggrek. Integrated orchid farm hadir sebagai solusi yang tepat untuk mengatasai permasalahan tersebut. Smart technology dikembangkan untuk membantu seluruh kebutuhan anggrek dalam beberapa aktivitas berupa pengairan, pemupukan dan pengusiran hama. Dengan demikian pertumbuhan anggrek dapat dilakukan secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, R. S. D. S. U. (2018). Identifikasi Rhizoctonia Mikoriza dan Fusarium pada Anggrek Ascocentrum Miniatum. Biota: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Hayati, 2(1), 7-13.

Andri, K. B., & Tumbuan, W. J. A. (2015). Potensi pengembangan agribisnis bunga anggrek di Kota Batu Jawa Timur. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 2(1), 19-30.

Isharnani, C. E., Nurcahyani, E., & Lande, M. L. (2015, April). Kandungan Klorofil Daun Planlet Anggrek Tanah (Spathoglottis plicata Blume.) Hasil Pengimbasan Ketahanan terhadap Asam Fusarat secara In Vitro. In Prosiding Seminar Nasional Swasembada Pangan Polinela Bandar Lampung (pp. 86-92). Politeknik Negeri Bandar Lampung.

Sulistiyo, M. W. (2019). Smart Agriculture Menggunakan Teknologi Iot (Internet of Things) Untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian (Bachelor Thesis, Program Sistem Informasi S1 Fakultas Teknik Universitas Widyatama).

Downloads

Published

2021-11-14

How to Cite

Purnomo, P., Tuwoso, T., & Suharmanto, S. (2021). PENERAPAN INTEGRATED ORCHID FARM SEBAGAI SMART TECHNOLOGY DALAM BERTANI ANGGREK DI SIDOMULYO KOTA BATU. at-Tamkin: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 20–26. https://doi.org/10.33379/attamkin.v4i2.966