Author Guidelines

Author/Penulis harus mendaftar (register) ke jurnal sebelum mengirimkan artikel. Jika sudah terdaftar, dapat masuk ( log in) dan memulai proses selanjutnya.

 

Panduan Penulis/Author mengikuti ketentuan sebagai berikut:

 

JUDUL

Penulis Pertamaa, Penulis Keduab

a, afiliasi institusi penulis pertama (email)

b, afiliasi institusi penulis kedua (email)

 

ABSTRACT

Abstract ditulis dalam bahasa Indonesia secara ringkas dan jelas, yang merupakan summary dari paper/tulisan yang ditulis dalam 1 paragraf dan tidak lebih dari 200 kata. Format yang digunakan adalah Cambria, 10 point, indenst first line 4 mm justified.

 

Keywords ditulis dalam 1 baris, maksimal 5 buah kata dengan format Times New Roman, Sentence, 9 point justified

 

 Sistematika Paper (format: Heading 1)

Sistematika Paper/Tulisan mencakup judul paper/tulisan, abstrak, bagian isi, ucapan terimakasih dan daftar pustaka. Bagian isi setidaknya mencakup:

  1. Pendahuluan
  2. Pendekatan dan Metodologi
  3. Pelaksanaan/Implementasi Kegiatan
  4. Hasil Kegiatan dan Pembelajaran dari Implementasi Kegiatan
  5. Kesimpulan dan Saran.
  6. Ucapan Terimakasih.

 

Jumlah halaman yang diperbolehkan dalam paper yaitu 10-15 halaman. Tata cara penulisannya dijelaskan bagian berikut ini.

Pendahuluan (format: Heading 2)

Bagian ini antara lain mencakup latar belakang (memuat uraian rasionalisasi dan urgensi program), tujuan dan sasaran kegiatan (mencakup gambaran ringkas kondisi masyarakat/komunitas dampingan sebelum diadakan program), dan pelaku dari kegiatan/upaya implementasi kegiatan/program.

Pendekatan dan Metodologi (Heading 2)

Bagian ini mencakup uraian mengenai pendekatan dan metodologi yang digunakan dalam melaksanakan upaya PPM-T (termasuk konsep-konsep PPM-T yang digunakan).  Apabila menggunakan tools atau teknologi dalam pelaksanaannya dapat dijelaskan pada bagian ini. Pembahasan bagian ini akan lebih baik pula apabila ditampilkan dalam bentuk model atau figure dari tahapan-tahapan kegiatan/upaya implementasi kegiatan/program.

Pelaksanaan/Implementasi Kegiatan (Heading 2)

Bagian ini merupakan uraian mengenai bagaimana proses pelaksanaan atau implementasi dari kegiatan atau upaya PPM-T, termasuk didalamnya bagaimana konsep-konsep kegiatan/program diterapkan. Faktor keberhasilan dan/atau kegagalan, serta hambatan yang dihadapi dalam implementasi kegiatan/upaya kegiatan/program, harus disampaikan dalam bagian ini.

Hasil Kegiatan dan Pembelajaran dari Implementasi Kegiatan (Heading 2)

Bagian ini berisi hasil kegiatan serta pembelajaran (lesson learned) dari implementasi upaya kegiatan/program.

Kesimpulan dan Saran (Heading 2)

Bagian Kesimpulan dan Saran memuat ringkasan kualitatif yang disimpulkan dari keseluruhan tulisan. Saran-saran dapat dituliskan setelah bagian kesimpulan. Kesimpulan dan saran dituliskan dalam bentuk alinea (bukan dalam bentuk daftar dengan nomor urut).

 

Ucapan terima kasih (Heading 2)

Bagian Ucapan Terima Kasih di tulis setelah bagian Kesimpulan dan Saran. Dalam paper internasional, bagian ini dikenal jugan dengan nama Acknowledgement. Ucapan terimakasih dapat dituliskan pada bagian ini kepada para kontributor yang berperan dalam penulisan paper.

 

Daftar Pustaka (Heading 2)

Bagian Daftar Pustaka memuat pustaka/rujukan yang dirujuk dalam penelitian yang dilakukan. Rujukan dapat berupa buku, jurnal, makalah seminar, disertasi/tesis, dan rujukan-rujukan yang dapat dipercaya.

Format penulisan kutipan harus sama dengan format yang dipakai pada penulisan daftar referensi. Penulisan kutipan dan daftar pustaka/daftar referensi menggunakan format American Psychological  Association  (APA).

Panduan penulisan kutipan/referensi format APA dapat diunduh di sini