PENGARUH SIFAT KEPRIBADIAN CORE SELF EVALUATIONS DAN MACHIAVELLIAN PADA KINERJA AUDITOR

  • Ni Nyoman Sri Rahayu Damayanti
  • Ni Putu Riski Martini
  • Gde Deny Larasdiputra

Abstract

ABSTRAK

Kinerja auditor merupakan tindakan atau pelaksanaan tugas pemeriksaan yang telah diselesaikan oleh auditor dalam kurun waktu tertentu yang diukur dengan melihat mutu kerja, jumlah hasil kerja yang dihasilkan, serta ketepatan waktu yang telah direncanakan. Kinerja individu merupakan hal yang sangat penting karena dapat mempengaruhi produktivitas kerja suatu organisasi. Salah satu aspek yang mampu mencerminan kinerja adalah sifat kepribadian individu yang bersangkutan. Kasus yang menerpa kantor akuntan publik Purwanto, Sungkoro & Surja akibat kelalaian auditornya dalam menetapkan opini bagi PT Indosat Tbk dengan bukti yang tidak akurat memberikan arti bahwa kinerja auditor di Indonesia masih menjadi perhatian penting. Sifat kepribadian core self evaluations dan machiavellian merupakan sifat kepribadian yang diyakini memiliki pengaruh pada kinerja individu. Core self evaluations terdiri dari empat kepribadian yaitu locus of control, emotional stability, self-esteem, dan self-efficacy.

Penelitian ini dilakukan pada kantor akuntan publik di Provinsi Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yaitu auditor yang telah bekerja pada kantor akuntan publik di Provinsi Bali lebih dari atau sama dengan 1 tahun. Data yang telah terkumpul akan melalui tahapan uji instrumen dan uji asumsi klasik. Selanjutnya akan dilaksanakan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa locus of control, emotional stability, dan self-esteem berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja auditor. Berbeda dengan variabel self-efficacy yang berpengaruh positif namun tidak signifikan pada kinerja auditor. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa variabel machiavellian berpengaruh positif dan tidak signifikan pada kinerja auditor.

Kata Kunci: Core Self Evaluations; Machiavellian; Kinerja Auditor

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-15
How to Cite
Damayanti, N. N. S. R., Martini, N. P. R., & Larasdiputra, G. D. (2019). PENGARUH SIFAT KEPRIBADIAN CORE SELF EVALUATIONS DAN MACHIAVELLIAN PADA KINERJA AUDITOR. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 21-30. https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i2.346
Section
Articles