ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN HOTEL MUSLIM KEDIRI

  • Nur Hidayati
  • Lina Saptaria

Abstract

Abstrak

 

Hotel   syariah   di  Indonesia   dari   tahun  ke    tahun  mengalam  perkembangan dan peningkatan.  Terbukti dengan bermunculan dan berdirinyabeberapa Hotel syariah  termasuk  hotel muslim yang ada  di Kediri. Keberadaan tempat atau lokasi   yang strategis tidak berarti  menjadikan  hotel muslim terhindar  dari persaingan  bisnis.  Sebagai upaya meningkatkan  kunjungan tamu di Hotel Muslim diperlukan strategi agar bisa  bersaing dengan  hotel-hotel lainnya  di Kediri. Oleh   sebab itu,     penelitian ini  dilakukan untuk membahas analisis SWOT sebagai strategi pengembangan Hotel    Muslim.   Jenis  penelitian ini    adalah penelitian   kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT untuk strategi pengembangan   strategi   Hotel    Muslim.   Hasil penelitian diperoleh beberapa  pengembangan strategi Hotel  Muslim, antara lain: (1)meningkatkan  variasi  produk, menetapkan  harga  yang  terjangkau, meningkatkan  kualitas pelayanan yang lebih bagus, (2) meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM yang yang lebih berkompeten, meningkatkan fasilitas, menambah  modal,  (3)  mempertahankan  ciri   kh as  produk dengan  berbasis ekonomi  syariah,  menjalin kerjasama  dengan pondok pesantren  dan  instansi pemerintah,  (4)  melakukan  upaya  pengembangan strategi  promosi di  semua media untuk  meningkatkan pangsa  pasar,  meningkatkan kerjasma  dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta.

 

Kata Kunci: Analisi SWOT, strategi pengembangan hotel  syariah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-10
How to Cite
Hidayati, N., & Saptaria, L. (2020). ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN HOTEL MUSLIM KEDIRI. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(1), 39-52. https://doi.org/10.36636/dialektika.v5i1.406
Section
Articles