Peningkatan Kompetensi Peserta Pelatihan Jarak Jauh Teknis Keprotokolan Melalui Learning Management System (LMS) Balai Diklat Keagaman Surabaya Tahun 2020

Authors

  • Mohammad Anung Edy Nugroho Balai Diklat Keagamaan Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36636/dialektika.v6i1.490

Keywords:

Keprotokolan, Learning Management System

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penggunaan Learning Management System (LMS) pada Pelatihan Jarak Jauh Teknis Keprotokolan dan untuk mengetahui seberapa jauh pembelajaran ini mampu meningkatkan kompetensi peserta pelatihan, baik kompetensi pengetahuan, ketrampilan, maupun kompetensi sikap. Penelitian ini dilakukan pada peserta Pelatihan Jarak Jauh Teknis Keprotokolan yang berjumlah 55 orang. Hasil penelitian yang diperoleh melalui online dan observasi menunjukkan bahwa ada peningkatan sebesar 47% antara nilai awal dan nilai akhir kompetensi pengetahuan ( dari rerata 53 menjadi 78). Dari aspek ketrampilan, bisa dilihat dari penyelesaian penugasan peserta pada setiap mata pelatihan terlihat bahwa nilai diatas ketuntasan. Dari aspek kompetensi sikap terlihat bahwa aspek kedisiplinan peserta dalam mengikuti pelatihan dan dalam hal penyelesaian tugas selalu dilakukan tepat waktu. Hasil tersebut menunjukan bahwa Learning Management System mampu meningkatkan kompetensi peserta pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-04 — Updated on 2021-04-08

Versions

How to Cite

Nugroho, M. A. E. (2021). Peningkatan Kompetensi Peserta Pelatihan Jarak Jauh Teknis Keprotokolan Melalui Learning Management System (LMS) Balai Diklat Keagaman Surabaya Tahun 2020. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(1). https://doi.org/10.36636/dialektika.v6i1.490 (Original work published March 4, 2021)