Pengaruh Dukungan Sosial terhadap tingkat Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi
Isi Artikel Utama
Abstrak
Sering kali dalam tahap penulisan skripsi dianggap sebagai fase penuh hambatan yang dapat menimbulkan. Dukungan Sosial menjadi salah satu faktor yang dapat mengurangi tekanan ketika individu mengalami suatu masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap tingkat stres dalam penyusunan tugas akhir skripsi. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 40 subjek mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Pengambilan data menggunakan skala dan wawancara. Skala Dukungan Sosial dengan reliabilitas (α) = 0,90 dan skala Stres dengan besaran reliabilitas (α) = 0,89. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh dukungan sosial terhadap tingkat stres dalam penyusunan skripsi (B=0,19; p>0,05). Hasil wawancara menunjukkan bahwa dukungan sosial dianggap tidak berpengaruh terhadap stres yang dialami mahasiswa dalam mengerjakan skripsi, dikarenakan dukungan sosial yang didapatkan tidak sesuai dengan kebutuhan. Sehingga bagi individu yang akan memberikan bantuan perlu menentukan kebutuhan dan jenis dukungan sosial yang dibutuhkan.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author who wishes to publish articles in this journal agree with the following conditions:
- Author retains the copyright and simultaneously provides the journal the first publishing rights of the manuscript under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an initial job writing and publishing statement in this journal.
- The author can include in separate additional contractual arrangements for the rich version of non-exclusive distribution of journal publications (eg posting it to the institutional repository or publishing it in a book), with recognition of publishing initially in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post their work online (for example: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful citations of published works. (See open access policy).
Referensi
Broto, H. D. F. C. (2016). Stres pada mahasiswa penulis skripsi (Studi kasus pada salah satu mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma). (skripsi tidak diterbitkan). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Giyarto, G., & , Uyun, Z. (2018). Stres pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam mengerjakan skripsi. (skripsi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo.
Hermawan, B. (2017). Hubungan antara dukungan sosial dengan efikasi diri (Studi pada fresh graduate yang mencari pekerjaan). (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.
Majrika, R. Y. (2018). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik pada remaja SMA di SMA Yogyakarta. (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Polina, A. M., & Siang, J. J. (2009). Cara cepat menyusun skripsi jurusan informatika atau komputer. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Rohmah, Q. (2017). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap stres pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Universitas Muhammadiyah Malang ((skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, Malang). (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, Malang. Retrieved from https://doaj.org/article/f820bd6e28cf44988e96d72e946a06ff
Safaria, T., & Saputra, N. E. (2009). Manajemen emosi: Sebuah panduan cerdas bagaimana mengelola emosi positif dalam hidup anda. Jakarta: Bumi Aksara.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2010). Health psychology: Biopsychosocial interactions (Seventh ed). United States of America: Wiley.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Retrieved from http://ckd.vacloud.us/rooms/kidney-info/topics/how-to-protect-your-kidneys/#slide_2
Wangid, M. N., & Sugiyanto. (2013). Identifikasi hambatan struktural dan kultural mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 19–28.
Wicaksono, Y. I. (2016). Gejala gangguan jiwa dan pemeriksaan psikiatri dalam praktek klinis. Malang: Media Nusa Creative Publishing.
Widyanto, P. (2013). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres kerja. (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Windistiar, D. E. (2016). Hubungan dukungan sosial dengan stres narapidana wanita. (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.