Pengaruh Dukungan Sosial terhadap tingkat Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi

Isi Artikel Utama

Muhammad Mujib Daawi
Walda Isna Nisa

Abstrak

Sering kali dalam tahap penulisan skripsi dianggap sebagai fase penuh hambatan yang dapat menimbulkan. Dukungan Sosial menjadi salah satu faktor yang dapat mengurangi tekanan ketika individu mengalami suatu masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap tingkat stres dalam penyusunan tugas akhir skripsi. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 40 subjek mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Pengambilan data menggunakan skala dan wawancara. Skala Dukungan Sosial dengan reliabilitas (α) = 0,90 dan skala Stres dengan besaran reliabilitas (α) = 0,89.  Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh dukungan sosial terhadap tingkat stres dalam penyusunan skripsi (B=0,19; p>0,05). Hasil wawancara menunjukkan bahwa dukungan sosial dianggap tidak berpengaruh terhadap stres yang dialami mahasiswa dalam mengerjakan skripsi, dikarenakan dukungan sosial yang didapatkan tidak sesuai dengan kebutuhan. Sehingga bagi individu yang akan memberikan bantuan perlu menentukan kebutuhan dan jenis dukungan sosial yang dibutuhkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Daawi, M. M., & Nisa, W. I. . (2021). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap tingkat Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 67-75. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i1.556
Bagian
Articles

Referensi

Broto, H. D. F. C. (2016). Stres pada mahasiswa penulis skripsi (Studi kasus pada salah satu mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma). (skripsi tidak diterbitkan). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Giyarto, G., & , Uyun, Z. (2018). Stres pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam mengerjakan skripsi. (skripsi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo.

Hermawan, B. (2017). Hubungan antara dukungan sosial dengan efikasi diri (Studi pada fresh graduate yang mencari pekerjaan). (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Majrika, R. Y. (2018). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik pada remaja SMA di SMA Yogyakarta. (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Polina, A. M., & Siang, J. J. (2009). Cara cepat menyusun skripsi jurusan informatika atau komputer. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rohmah, Q. (2017). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap stres pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Universitas Muhammadiyah Malang ((skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, Malang). (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, Malang. Retrieved from https://doaj.org/article/f820bd6e28cf44988e96d72e946a06ff

Safaria, T., & Saputra, N. E. (2009). Manajemen emosi: Sebuah panduan cerdas bagaimana mengelola emosi positif dalam hidup anda. Jakarta: Bumi Aksara.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2010). Health psychology: Biopsychosocial interactions (Seventh ed). United States of America: Wiley.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Retrieved from http://ckd.vacloud.us/rooms/kidney-info/topics/how-to-protect-your-kidneys/#slide_2

Wangid, M. N., & Sugiyanto. (2013). Identifikasi hambatan struktural dan kultural mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 19–28.

Wicaksono, Y. I. (2016). Gejala gangguan jiwa dan pemeriksaan psikiatri dalam praktek klinis. Malang: Media Nusa Creative Publishing.

Widyanto, P. (2013). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres kerja. (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Windistiar, D. E. (2016). Hubungan dukungan sosial dengan stres narapidana wanita. (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.