Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Menerapkan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Nafiah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i1.402

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru PAI dalam menerapkan penilaian autentik di SDN Kecamatan Belitang Madang Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, peneliti ini mendeskripsikan suatu fenomena   atau suatu keadaan sebenarnya yang dialami oleh subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah Guru PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru PAI dalam menerapkan penilaian autentik mencakup perencanaan, penerapan, dan hasil belajar peserta didik. Dari hasil perencanaannya sudah cukup baik karena sudah melakukan standar perencanaan penilaian. Pelaksanaan ketiga aspek penilaian autentik di Kecamatan Belitang Madang Raya lebih sering menggunakan penilaian pada aspek kognitif saja, sedangkan aspek afektif dan psikomotorik jarang digunakan. Hasil belajar peserta didik cukup baik karena rata-rata di atas KKM.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru PAI, Penilaian Autentik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-06-2020

How to Cite

Nafiah, S. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Menerapkan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(1), 57–72. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i1.402

Issue

Section

Articles