Kepemimpinan Pendidikan dalam Pengembangan Budaya Kerja Dosen di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i1.430Abstract
Perguruan tinggi sebagai institusi sosial yang mempengaruhi budaya suatu bangsa harus siap menghadapi tantangan perubahan dengan menghasilkan lulusan yang tangguh. Karena itu, perguruan tinggi harus mampu menjadi lembaga visioner global dan memiliki sumber daya berstandar internasional. Untuk menjawab kebutuhan ini, perlu dilakukan perubahan paradigmatik yang adaptif terhadap perubahan-perubahan di masa depan; seperti memiliki pola pikir visioner berorientasi pada penciptaan budaya kerja yang dinamis, produktif, dan kompetitif. Kondisi ideal ini akan terwujud melalui seting kepemimpinan yang kompeten. Faktanya kepemimpinan seseorang akan lebih efektif jika didukung oleh kondisi budaya kerja yang kuat. Dalam artikel ini akan dibahas tentang kepemimpinan dan korealsinya dengan penciptaan budaya kerja produktif Dosen di perguruan Tinggi Islam Swasta di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif; jenis studi kasus dengan desain multikasus. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) Konsep pendidikan kepemimpinan dalam pengembangan budaya kerja dosen menekankan pada kemampuan membentuk inti keyakinan dan nilai-nilai inti pekerjaan yang teraktualisasikan dalam tingkah laku dan sistem kerja, 2) model kepemimpinan, mengembangkan spiritual-transformasional dan kepemimpinan visioner melalui profesionalisme. dan pendekatan berbasis situasi dan kolegial berbasis budaya, 3) Strategi kepemimpinan, mengembangkan strategi empiris rasional, strategi normal-reeducative dan strategi power-coercive jenis prospector dan defender, 4) Hasil dari strategi kepemimpinan adalah peningkatan kinerja dosen (disiplin, kerja produktivitas, prestasi kerja), dan melahirkan sikap kerja utama, komitmen dan kepuasan kerja.
Kata Kunci: Kepemimpinan Pendidikan, Pengembangan Budaya Dosen.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Noer Rohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.