PEMANFAATAN SITUS PURBAKALA PETIRTAAN NGAWONGGO SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI PESERTA DIDIK SMP HASYIM ASY’ARI KECAMATAN TAJINAN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33379/attamkin.v5i1.1463Keywords:
Situs Petirtaan; Purbakala; Tomboan Ngawonggo; Situs MalangAbstract
Situs Purbakala Petirtaan Ngawonggo merupakan Situs Arkeologi berupa kolam petirtaan pada zaman kerajaan abad 10 Masehi yang ditemukan di Dusun Nanasan Desa Ngawonggo Kec. Tajinan Kab. Malang yang identik dengan kebudayaan jawa kental dengan suasananya yang masih sangat asri dan nuansa pedesaan inilah yang menjadi dambaan pengunjung asal kota saat berkunjung ke destinasi wisata. Situs purbakala petirtaan ngawonggo identik dengan tomboannya. Tomboan dalam bahasa Jawa berarti "obat-obatan". Dalam konteks ini adalah sekelompok mahasiswa KKN-T UNIRA MALANG mengadakan studytour bersama peserta didik SMP Hasyim Asy’ari bertema pengenalan Situs Purbakala petirtaan Ngawonggo. Tujuannya untuk mengetahui relevansi koleksi Situs Purbakala petirtaan Ngawonggo dalam materi pembelajaran sejarah, dan implementasi pemanfaatan situs purbakala petirtaan Ngawonggo dalam pembelajaran sejarah kebudayaan.
Downloads
References
Cece,W. & Rusyah, A. 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Bank,J. A. 1985.Teaching Strategies for the Social Studies. New York: Longman, Inc.
Sylvester, D. 1973. Teaching History. London: GromHelm Ltd.
Mays, P. 1974. Why Teach History. London: University of London Press.
Hasan, S. H. 1985.Evaluasi Kurikulum. Jawa Barat: Dirjen Dikti P2LPTK Depdikbud.
Atno. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Media VCD Pembelajaran. Jurnal Paramita, Vol.20 No.1 Hal: 92-104
Ahmad, Tsabit Azinar. 2010. Strategi Pemanfaatan Museum Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Zaman Prasejarah. Jurnal Paramita, Vol. 20 No. 1. FIS Universitas Negeri Semarang.
Amin, Syaiful. 2011. Pewarisan Nilai Sejarah Lokal Melalui Pembelajaran Sejarah Jalur Formal dan Informal Pada Siswa SMA Di Kudus Kulon. Jurnal Paramita, Vol. 21 No. 1 Januari 2011 Hal.106
Wasino. 2009. Pokok Pikiran Untuk Menulis Sejarah Lokal. Makalah Sarasehan dan Koordinasi dan Curah Pendapat Sejarah Lokal Untuk Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga. Diakses pada tanggal 14 Februari 2022
Warsito.2012. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontruktivisme Dengan Mengoptimalkan Media Information and Communication Technologies (ICT). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Seixas, P., & Peck, C. 2004. Teaching Historical Thinking. Challenges and Prospects for Canadian Social Studies, Vancouver: Pacific Educational Press.
Brophy, J. E., & Van Sledright, B. 1997. Teaching and learning history in elementary schools. New York: Teachers College Press.
Kochhar, S. K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo
Maslina, N. 2014. Situs sejarah an Fungsingnya Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Kecamatan Lut Tawar. Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Ocal, Tulay. 2016. Necessity of Cultural Histor-ical Heritage Education in Social Studies Teaching. Creative Education.
Yildirim, Günseli and Güzin Özyilmaz Akamca. 2017. The effect of outdoor learning ac-tivities on the development of Senior High School. South African Journal of Education. Turkey: Dokuz Eylül University
Paramita, A. etal. 2019. Situs Jera Sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMAN 8. Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan
Firmansyah, H. 2021. Pemanfaatan Bangunan Cagar Budaya di Area Duizen Vierkanten Paal Kota Pontianak sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan
Trianto. 2010. Mendesain ModelPembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada.
Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nata, A. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Cahyono, Y. D. 2014. Strategi Pembelajaran Sejarah “Peristiwa 1965”Untuk Tingkat SMA. Seminar Dosen tanggal 27 November 2013 di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Roestiyah, N. K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Muawanatul Hasanah, Aulia Safida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author who wishes to publish articles in this journal agree with the following conditions:
- Author retains the copyright and simultaneously provides the journal the first publishing rights of the manuscript under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an initial job writing and publishing statement in this journal.
- The author can include in separate additional contractual arrangements for the rich version of non-exclusive distribution of journal publications (eg posting it to the institutional repository or publishing it in a book), with recognition of publishing initially in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post their work online (for example: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful citations of published works. (See open access policy).