Utilization of Instagram as a Marketing Communication Media for Malino Tourism in Gowa Regency, South Sulawesi

Authors

  • Yulia Permatasari Universitas Hasanuddin
  • M. Iqbal Sultan Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Akbar Universitas Hasanuddin
  • Andi Subhan Amir Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.36636/dialektika.v9i1.4047

Keywords:

Strategy, Digital Marketing Communication, Instagram, Tourism Business

Abstract

ABSTRAK

Pesatnya persaingan di era digitalisasi membawa banyak perubahan dalam sektor industri, salah satunya adalah industri pariwisata. Hal tersebut menuntut industri pariwisata untuk terus melakukan berbagai inovasi, termasuk berinovasi dalam penerapan strategi pemasaran yang tepat agar mampu beradaptasi dan bersaing dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi komunikasi pemasaran digital yang digunakan dalam mempromosikan destinasi wisata malino melalui pemanfaatan Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap pihak terkait (staf dinas pariwisata, admin instagram Malino Kota Bunga, endorser), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran destinasi wisata malino, dengan menggunakan sistem endorsment, sale promotion, brand building, competitor review  dan konsisten berinteraksi dengan para followers terbukti efektif dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Malino.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antasari, C., & Pratiwi, R. D. (2022). Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Kedai Babakkeroyokan Di Kota Palu.

Arifianto, S. (2018a). Praktek Budaya Media Digital Dan Pengaruhnya. Aswaja Pressindo.

Arifianto, S. (2018b). Praktek Budaya Media Digital Dan Pengaruhnya. Aswaja Pressindo.

Armstrong & Kotler. (2018). Principles of Marketing. New York: Pearson International.

Arsy Tours. (2017). Panorama Keindahan di Kota Bunga Malino. Arsy Tours. https://www.arsy.co.id/2017/02/panorama-keindahan-di-kota-bunga-malino.html

Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada A.D.A Souvenir Project. Riset Akutansi Dan Bisnis.

Dewi, D. N., Muhammad, A. S., & Suswaini, E. (2020). Analisis Jejaring Pelaku Pariwisata Di Kabupaten Bintan : Studi Pada Event Ironman Bintan.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran (Pertama). Qiara Media.

Gradianto, R. A. (2022a). Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli, Pahami Tujuan dan Manfaatnya. Dream.Co.Id. https://www.bola.com/ragam/read/5081289/pengertian-pariwisata-menurut-para-ahli-pahami-tujuan-dan-manfaatnya

Gradianto, R. A. (2022b). Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli, Pahami Tujuan dan Manfaatnya. Dream.Co.Id. https://www.bola.com/ragam/read/5081289/pengertian-pariwisata-menurut-para-ahli-pahami-tujuan-dan-manfaatnya

Morissan. (2019). Periklanan:Komunikasi Pemasaran Terpadu. Prenamedia Group.

Muhammad, A., Hakim, L., & Fatmawati, F. (2021). Strategi Pengembangan Pariwisata Malino Di Kabupaten Gowa.

Nopiyanti, B., Pasoreh, Y., & Randang, J. L. K. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Pariwisata Di Kabupaten Toraja Utara.

Panuju, R. (2019a). Komunikasi Pemasaran:Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi, Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran (Edisi Pert). Prenadamedia Group.

Panuju, R. (2019b). Komunikasi Pemasaran:Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi, Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran (Edisi Pert). Prenadamedia Group.

Purwaningwulan, M. M., Suryana, A., Wahyudin, U., & ... (2019). Creative innovation online relationship marketing Islamic fashion e-commerce in Indonesia. In Library Philosophy and …. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/220153925.pdf

Riska, R., & Amir, A. S. (2019). Peranan Selebgram Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswi Politeknik Pariwisata Makassar. Universitas Hasanuddin.

Rohmah, N. D. (2023, August 31). Wisata Malino: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota Makassar. Urbangarut.Com. https://garut.urbanjabar.com/wisata/8969999396/wisata-malino-menikmati-keindahan-alam-di-tengah-kota-makassar

Suryadi, E. (2018). Strategi Komunikasi: Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Remaja Rosdakarya.

Suryana, A. (2019). Konsep-konsep Dasar Komunikasi Pemasaran. Universitas Terbuka.

Widiastuti, E. J., & Indriastuti, Y. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital @right.store Melalui Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran. Jurnal Representament.

Wydaswari, P., Dida, S., Prastowo, F., & ... (2017). Digital Marketing as a Repositioning Strategy for Radio Broadcasting Agent in Bandung-A Descriptive Study of OZ Radio’s Repositioning Through Instagram. KnE Social …. https://www.knepublishing.com/index.php/Kne-Social/article/view/874

Yakub, A. P. (2019). Pengaruh Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. 23.

Published

2024-02-29

How to Cite

Permatasari, Y., Sultan, M. I., Akbar, M., & Amir, A. S. (2024). Utilization of Instagram as a Marketing Communication Media for Malino Tourism in Gowa Regency, South Sulawesi. Dialektika : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 9(1), 175–188. https://doi.org/10.36636/dialektika.v9i1.4047