PENDAMPINGAN BELAJAR IPA DENGAN MEDIA ALAT PERAGA TANGGA PINTAR SATUAN PANJANG DI SDN NGADILANGKUNG 1
DOI:
https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v2i2.2420Kata Kunci:
Media Media Tangga Pintar, IPA SDAbstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam mengajar mata pelajaran IPA dengan media pembelajaran dan memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran. Kegiatan ini, dilaksanakan dengan tahapan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi dan pelaporan. Kegiatan ini bertempat di SDN Ngadilangkung 1 yang beralamat di Jl. Panglima Sudirman No. 31 Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Penyampaian materi ini dilakukan secara tatap muka di dalam kelas yang berjumlah 26 siswa. Khalayak sasaran pada kegiatan ini adalah siswa kelas 3 SDN Ngadilangkung 01. Setelah mengikuti progam pengabdian masyarakat ini siswa dapat mengetahui pentingnya belajar extra untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Siswa SDN Ngadilangkung 1 dapat lebih memahami pembelajaran menggunakan alat peraga, terutama pada materi Ilmu Pengetahuan Alam. Diharapkan media yang dibuat bermanfaat bagi guru dan siswa.
Unduhan
Referensi
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hamalik, O. (2014). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hayati, P. N., & Rahmawati, I. (2017). Pengaruh Media Tangsapan Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pengukuran Panjang Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 SDN Babatan I Surabaya. JPGSG, 05 (02). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.
Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Jonkenedi. 2017. Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6 (6), 590-598.
Presiden RI. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Jakarta: Sekertaris Negara Republik Indonesia.
Sadiman, A.S. (2010). Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.