PENDAMPINGAN BELAJAR BERHITUNG MELALUI METODE JARIMATIKA UNTUK MENDUKUNG KETUNTASAN KOGNITIF SISWA KELAS III SD
DOI:
https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v2i3.2856Kata Kunci:
Metode Jarimatika, Ketuntasan KognitifAbstrak
Usia sekolah dasar merupakan periode emas dimana anak memerlukan pendampingan yang tepat dalam kegiatan belajarnya. Pendampingan tersebut ditujukan agar anak mampu mengembangkan aspek - aspek yang menunjang ketuntasan pada ranah pembelajaran dan hasil belajar anak. Salah satunya dapat diwujudkan melalui perkembangan aspek kognitif berupa konsep berhitung menggunakan jarimatika. Melalui metode ini anak pada usia dasar diharapkan mampu untuk menghitung dengan baik menggunakan tubuhnya sendiri berupa jari - jarinya. Dengan menggunakan metode praktek langsung terhadap anak kelas tiga sekolah dasar, pendampingan ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja anak dalam berhitung cepat ketika anak belajar secara mandiri, mengerjakan tugas, maupun melaksanakan ujian di sekolah. Pendampingan ini dapat dikatakan berhasil. Sebab melalui media pembelajaran yang atraktif dan menyenangkan menggunakan metode jarimatika ini, anak - anak dapat berhitung cepat namun tidak membebani memori anak secara berlebihan.
Unduhan
Referensi
ih, N. M. (2009). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Pada Siswa Kelas 1 dan 2 SDN 6 Sesetan, Denpasar Selatan. Jurnal Pendidikan dan Prembelajaran, Vol.16, No.1.
Misatun. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Jarimatika Pada Anak Kelompok B TK Tunas Bhakti Desa Lorejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara PGRI Kediri : Kediri
Raharjo, I. R. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika ditinjau dari Peserta Didik. Jurnal for lesson and Learning Studies, Vol.4, No.1.
Salsinha, C. N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Dengan Metode Jarimatika di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Neonbat Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.15, No.2.
Sitio, T. (2017). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol.6, No.1.