PENDAMPINGAN BELAJAR BERHITUNG MELALUI METODE JARIMATIKA UNTUK MENDUKUNG KETUNTASAN KOGNITIF SISWA KELAS III SD

Penulis

  • Yulia Eka Yanti Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Risma Trianingsih Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Rista Dwiningtias Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Tety Nur Cholifah Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Hendra Rustantono Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Hamidi Rasyid Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v2i3.2856

Kata Kunci:

Metode Jarimatika, Ketuntasan Kognitif

Abstrak

Usia sekolah dasar merupakan periode emas dimana anak memerlukan pendampingan yang tepat dalam kegiatan belajarnya. Pendampingan tersebut ditujukan agar anak mampu mengembangkan aspek - aspek yang menunjang ketuntasan pada ranah pembelajaran dan hasil belajar anak. Salah satunya dapat diwujudkan melalui perkembangan aspek kognitif berupa konsep berhitung menggunakan jarimatika. Melalui metode ini anak pada usia dasar diharapkan mampu untuk menghitung dengan baik menggunakan tubuhnya sendiri berupa jari - jarinya. Dengan menggunakan metode praktek langsung terhadap anak kelas tiga sekolah dasar, pendampingan ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja anak dalam berhitung cepat ketika anak belajar secara mandiri, mengerjakan tugas, maupun melaksanakan ujian di sekolah. Pendampingan ini dapat dikatakan berhasil. Sebab melalui media pembelajaran yang atraktif dan menyenangkan menggunakan metode jarimatika ini, anak - anak dapat berhitung cepat namun tidak membebani memori anak secara berlebihan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

ih, N. M. (2009). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Pada Siswa Kelas 1 dan 2 SDN 6 Sesetan, Denpasar Selatan. Jurnal Pendidikan dan Prembelajaran, Vol.16, No.1.

Misatun. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Jarimatika Pada Anak Kelompok B TK Tunas Bhakti Desa Lorejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara PGRI Kediri : Kediri

Raharjo, I. R. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika ditinjau dari Peserta Didik. Jurnal for lesson and Learning Studies, Vol.4, No.1.

Salsinha, C. N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Dengan Metode Jarimatika di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Neonbat Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.15, No.2.

Sitio, T. (2017). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol.6, No.1.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-22

Cara Mengutip

Yanti, Y. E., Trianingsih, R. ., Dwiningtias, R. ., Cholifah, T. N. ., Rustantono, H., & Rasyid, H. . (2023). PENDAMPINGAN BELAJAR BERHITUNG MELALUI METODE JARIMATIKA UNTUK MENDUKUNG KETUNTASAN KOGNITIF SISWA KELAS III SD. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 179–185. https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v2i3.2856

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>