Perancangan Template Promosi di Instagram dengan Menggunakan Aplikasi Powerpoint Untuk Untuk Pemasaran Pengusaha Kuliner di Kota Malang

Penulis

  • Amar Ma’ruf Stya Bakti Universitas Ma Chung, Indonesia
  • Sultan Arif Rahmadianto Universitas Ma Chung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33379/gtech.v7i4.3204

Kata Kunci:

Media Promosi, Powerpoint, Template Desain, Instagram

Abstrak

Era digital saat ini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha kuliner dalam memasarkan produk-produknya. Mulai dari pengembangan branding, media promosi di media sosial, menyewa jasa duta merk (brand ambassador) dan lain sebagainya. Dari beberapa alternatif untuk memasarkan produk para pelaku usaha kuliner terdapat salah satu media promosi yang mudah dan sederhana dengan memanfaatkan tampilan instagram feed yang didesain menggunakan aplikasi powerpoint. Alasan pemilihan software ini yaitu mudah didapatkan, digunakan dan dioperasikan serta mayoritas orang mempunyai aplikasi tersebut baik diperangkat laptop maupun komputer desktop (PC). Metode yang dipakai yaitu metode pengembangan model ADDIE  yang terdiri dari: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil yang didapatkan berupa template desain media promosi sebanyak 40 desain template yang digunakan oleh para UMKM kuliner untuk menjual produknya melalui platform instagram.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annur, Cindy Mutia. (2023, Mei 4). Jumlah Pengguna Instagram Indonesia Terbanyak ke-4 di Dunia. Diakses dari (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/04/jumlah-pengguna-instagram-indonesia-terbanyak-ke-4-didunia#:~:text=Menurut%20laporan%20We%20Are%20Social,yakni%2089%2C15%20juta%20pengguna)

Balakrsihnan, Bamini KPD, Mohd Irwan Dahnil, & Wong Jiunn Yi. (2014). “The Impact of Social Media Marketing Medium Toward Purchase Intention and Brand Loyalty Among Generation Y”. Procedia - Social and Behavioral Sciences, doi: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.032

Barokati, N.& Annas, F. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer. Jurnal SISFO: Inspirasi Profesional Sistem Informasi. 4(5), 352-359 doi: https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2013.09.006

Haq, S., & Patria, A. (2022). Perancangan Template Feed Instagram Sebagai Media Promosi Café Ulala (Unesa Learning Laboratory) Surabaya. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(2), 30-45. doi: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/44910

Indika, Deru R & Jovita, Cindy. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan: 1(1), 25-32 doi: https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Kotler & Keller. (2016). Marketing Management. Pearson: Prentice hall

Maoyan et al. (2014). “Consumer Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing”. International Journal of Business and Social Science: 5(10) (1), p. 92-97 doi : 10.30845/ijbss https://ijbssnet.com/journal/index/2862

Mulyani, S., Budi Santoso, A., & Listiyono, H. (2023). Implementasi Desain Informasi Visual Melalui Instagram Menggunakan Metode MDLC. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 8(2), 135-145. https://doi.org/10.36341/rabit.v8i2.3513

Prihatiningsih, W. (2017). Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja. Communication, 8(1), 51-65. http://journal.budiluhur.ac.id

Safitri, M., & Aziz, M. (2022). ADDIE, Sebuah Model untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal pendidikan dasar, 3(2), 51-59. Doi: 10.37729/jpd Diakses dari https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237

Sezer, B., Yilmaz, F. G. K., & Yilmaz, R.,(2013), Integrating Technology Into Classroom: The Learner-Centered Instructional Design. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(4), 134-142. http://hdl.handle.net/11772/957

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wiryajati, I. K., Annisak, W., & Widyatana, I. M. (2022). Perancangan Media Promosi Madu Trigona Sekotong (Maskot) Menggunakan Media Sosial Instagram. Jurnal Bakti Nusa, 3(2), 50-57. https://doi.org/10.29303/baktinusa.v3i2.58

Yuliani, Wiwin. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. E-journal.stkipsiliwangi, 2(2), 83-91 doi: https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-05

Cara Mengutip

Bakti, A. M. S. ., & Rahmadianto, S. A. . (2023). Perancangan Template Promosi di Instagram dengan Menggunakan Aplikasi Powerpoint Untuk Untuk Pemasaran Pengusaha Kuliner di Kota Malang. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(4), 1451–1461. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i4.3204