Meningkatkan Budaya Literasi di Era Digital Melalui Pojok Baca Lentera Ilmu di Desa Sengguruh

Penulis

  • Yayi Febdia Pradani Universitas Islam Raden Rahmat, Malang
  • Moch Abdul Rozak Umar Universitas Islam Raden Rahmat, Malang
  • Alfina Dewi Anggraeni Universitas Islam Raden Rahmat, Malang
  • Yevi Puji Lestari Universitas Islam Raden Rahmat, Malang

DOI:

https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1203

Kata Kunci:

Minat Baca, Era Digital, Globalisasi, literasi, membaca, buku

Abstrak

Era digital merpakan suatu masa dimana manusia hidup berdampingan dengan perkembangan teknologi digital yang menjadi kamajuan peradaban bagi manusia itu sendiri. Pada masa digital terjadi banyak distrupsi yang terjadi di tengah kehidupan masyarakat, tak terkecuali media literasi yang telah mengalami perubahan dari bentuk cetak menjadi bentuk digital, namun pesatnya arus informasi dan sumber informasi yang valid, menjadi tantangan tersendiri pada litaratur digital, oleh karena itu dalam rangka mendukung perkembangan motorik, minat baca, dan upaya perluasan ilmu pengetahuan melalui media baca, kami menginisiasikan program kerja kami yang berkaitan dengan literasi dengan media cetak atau buku melalui “Pojok Baca” yang memuat beragam buku dengan referensi informasi yang dapat dipertanggung jawabkan, karena telah melalui sertifikasi ISBN, yang menjamin keabsahan informasi yang termuat didalamnya, serta menjaga tata penulisan yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia sesuai dengan EYD, dan PEUBI yang menjadikan buku sebagai media literatur yang masih konkret.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236.

AR, M. F. (2018). Sejarah Media: Transformasi, Pemanfaatan, dan Tantangan. Universitas Brawijaya Press.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://Doi.Org/10.21274/Dinamika/2017.17.2.315-330

Fathoni, A. R. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Diakses dari http://Www.Artikelcakep.Top/2017/10/Pengaruhgadget-Terhadap-PerkembangananakArtikelcakep

Jauhari, M. W., & Ganggi, R. I. P. (2019). Upaya Menanamkan Budaya Membaca Pada Siswa Melalui Kegiatan Kunjungan Jepara Satu Buku Di SD Negeri 2 Tengguli. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 91-100.

LPPM UNIRA Malang. (2022). Pedoman Pelaksanaan KKN Tematik Edisi X. Malang : LPPM UNIRA Malang.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi.

Respati, W. (2014). Transformasi media massa menuju era masyarakat informasi di Indonesia. Humaniora, 5(1), 39-51.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.

Triatma, Nur Ilham. (2016). Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Delegan Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5 (6).

Unduhan

Diterbitkan

06-06-2022

Cara Mengutip

Febdia Pradani, Y., Rozak Umar, M. A. ., Anggraeni, A. D., & Lestari, Y. P. (2022). Meningkatkan Budaya Literasi di Era Digital Melalui Pojok Baca Lentera Ilmu di Desa Sengguruh. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 89–98. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1203