Pembaruan Manajemen Pemasaran Batik Wonomadyo dengan Peningkatan Kualitas Packaging dan Digital Marketing
DOI:
https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1457Kata Kunci:
Pemasaran, Produksi, Konten Digital, UMKMAbstrak
Batik Wonomadyo merupakan produk asal Kelurahan Karangtengah Kota Blitar yang dikelola oleh Bapak Sasmitro. Dalam pengabdian ini Tim Kelompok 139 KKN Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan Pengembangan usaha Batik Wonomadyo. Upaya pengembangan UMKM Batik Wonomadyo ini dilakukan agar dapat meningkatkan daya saing serta meningkatkan kualitas Batik Wonomadyo sebagai produk khas Kota Blitar khususnya Kelurahan Karangtengah yang diminati oleh para konsumen melalui perbaikan manajemen usaha. Tujuan dari upaya pengembangan ini adalah untuk perbaikan manajemen usaha melalui peningkatan strategi pemasaran, perbaikan pada proses produksi dan juga perluasan pemasaran melalui konten digital. Dalam upaya pengembangan Batik Wonomadyo, metode yang digunakan adalah pelatihan, sosialisasi dan pendampingan. Pelaksanaan pengembangan usaha yang dapat dilakukan adalah untuk perbaikan manajemen usaha melalui aspek pemasaran dan aspek konten digital. Tim Kelompok 139 KKN Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur berharap bahwa perkembangan ini dapat menjadi awal yang baru bagi Batik Wonomadyo dalam bersaing dengan produk batik dari berbagai daerah lain.
Unduhan
Referensi
Afridhal, M. (2017). Muhammad Afridhal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 223–233.
Ariano, M. (2016). Pengaruh Re Branding dan Re Positioning Terhadap Brand Equity Smartphone Microsoft Lumia. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 5(1), 1–12.
Bulan, T. P. L. (2017). Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Juragan Jasmine Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 679–687.
Choirina, P., Tjiptady , B. C. ., Fadliana, A. F., Rohman, M., Wahyudi, F. ., & Darajat, Pangestuti P. . (2022). Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33379/icom.v2i1.1195
Cut Zahri. (2018). 3. 290601-Analisis-Pola-Produksi-Guna-Meminimalisa-19a69159. Analisis Pola Produksi Guna Meminimalisasi Biaya Produksi Pada Pt. Gergas Utama Medan.
Eny Kustiyah, I. (2017). Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia Di Era Globalisasi. Gema, 30(52), 2456–2472.
Lustono, & Laila Cahyani, F. (2020). Pengaruh Media Promosi Digital Atau Online Dan Viral Marketing Terhadap Kepitusan Pembelian Pada Belanjadolo Online Shop Di Kecamatan Banjarnegara. Jurnal Medikonis STIE Tamansiswa Banjarnegara, 20, 11–24. https://tambara.e-journal.id/medikonis/article/download/18/13/
Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251
Padang, U. N., Padang, A. T., & Padang, K. (2021). KONSISTENSI LOGO. 10(November).
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Rumijati, A., Asfiah, N., & Fuadiputra, I. R. (2021). Rebranding Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Produk Di Kelompok Usaha Mikro Olahan Susu Pada Ikatan Pengusaha ‘Aisyiyah (Ipas). Jurnal Budimas, 03(01), 5–24.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Mu'tasim Billah, Emiliana Nisa Syahniar, Ircha Olifia, Mahendra Alfatoni Hadinata, Mochammad Daffa Amanullah, Marina Ayu Febriyanti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.