Pembaruan Manajemen Pemasaran Batik Wonomadyo dengan Peningkatan Kualitas Packaging dan Digital Marketing

Penulis

  • Mu'tasim Billah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Emiliana Nisa Syahniar Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ircha Olifia Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Mahendra Alfatoni Hadinata Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Mochammad Daffa Amanullah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Marina Ayu Febriyanti Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1457

Kata Kunci:

Pemasaran, Produksi, Konten Digital, UMKM

Abstrak

Batik Wonomadyo merupakan produk asal Kelurahan Karangtengah Kota Blitar yang dikelola oleh Bapak Sasmitro. Dalam pengabdian ini Tim Kelompok 139 KKN Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan Pengembangan usaha Batik Wonomadyo. Upaya pengembangan UMKM Batik Wonomadyo ini dilakukan agar dapat meningkatkan daya saing serta meningkatkan kualitas Batik Wonomadyo sebagai produk khas Kota Blitar khususnya Kelurahan Karangtengah yang diminati oleh para konsumen melalui perbaikan manajemen usaha. Tujuan dari upaya pengembangan ini adalah untuk perbaikan manajemen usaha melalui peningkatan strategi pemasaran, perbaikan pada proses produksi dan juga perluasan pemasaran melalui konten digital. Dalam upaya pengembangan Batik Wonomadyo, metode yang digunakan adalah pelatihan, sosialisasi dan pendampingan. Pelaksanaan pengembangan usaha yang dapat dilakukan adalah untuk perbaikan manajemen usaha melalui aspek pemasaran dan aspek konten digital. Tim Kelompok 139 KKN Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur berharap bahwa perkembangan ini dapat menjadi awal yang baru bagi Batik Wonomadyo dalam bersaing dengan produk batik dari berbagai daerah lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afridhal, M. (2017). Muhammad Afridhal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 223–233.

Ariano, M. (2016). Pengaruh Re Branding dan Re Positioning Terhadap Brand Equity Smartphone Microsoft Lumia. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 5(1), 1–12.

Bulan, T. P. L. (2017). Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Juragan Jasmine Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 679–687.

Choirina, P., Tjiptady , B. C. ., Fadliana, A. F., Rohman, M., Wahyudi, F. ., & Darajat, ‪Pangestuti P. . (2022). Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33379/icom.v2i1.1195‬‬

Cut Zahri. (2018). 3. 290601-Analisis-Pola-Produksi-Guna-Meminimalisa-19a69159. Analisis Pola Produksi Guna Meminimalisasi Biaya Produksi Pada Pt. Gergas Utama Medan.

Eny Kustiyah, I. (2017). Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia Di Era Globalisasi. Gema, 30(52), 2456–2472.

Lustono, & Laila Cahyani, F. (2020). Pengaruh Media Promosi Digital Atau Online Dan Viral Marketing Terhadap Kepitusan Pembelian Pada Belanjadolo Online Shop Di Kecamatan Banjarnegara. Jurnal Medikonis STIE Tamansiswa Banjarnegara, 20, 11–24. https://tambara.e-journal.id/medikonis/article/download/18/13/

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251

Padang, U. N., Padang, A. T., & Padang, K. (2021). KONSISTENSI LOGO. 10(November).

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Rumijati, A., Asfiah, N., & Fuadiputra, I. R. (2021). Rebranding Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Produk Di Kelompok Usaha Mikro Olahan Susu Pada Ikatan Pengusaha ‘Aisyiyah (Ipas). Jurnal Budimas, 03(01), 5–24.

Unduhan

Diterbitkan

09-07-2022

Cara Mengutip

Billah, M. ., Nisa Syahniar, E., Olifia, I., Alfatoni Hadinata, M. ., Amanullah, M. D., & Febriyanti, M. A. (2022). Pembaruan Manajemen Pemasaran Batik Wonomadyo dengan Peningkatan Kualitas Packaging dan Digital Marketing. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1457