Pendampingan Pemulihan Sosial Ekonomi Pasca Bencana Selama Pandemi Covid-19 di Desa Pemakuan, Kabupaten Banjar
DOI:
https://doi.org/10.33379/icom.v2i3.1556Kata Kunci:
pemulihan, sosial ekonomi, bencana alam, covid-19Abstrak
Di tengah masa pandemi Covid-19, Desa Pemakuan, Kabupaten Banjar yang terkenal sebagai Kampung Sagu beberapa waktu lalu tertimpa bencana alam yaitu banjir besar yang membuat masyarakat disana menderita kerugian karena tidak bisa menjalankan aktivitasnya dengan baik selama kurang lebih dua bulan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan dalam pemulihan sosial ekonomi pasca bencana di Desa Pemakuan, Kabupaten Banjar, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Lingkup kegiatan pengabdian ini meliputi pemulihan sosial ekonomi pasca bencana di desa tersebut. Metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan dan diskusi pada berbagai kegiatan bidang sosial ekonomi yang dilaksanakan selama 45 hari mulai tanggal 3 Juli 2021 sampai dengan 18 Agustus 2021, bertempat di desa Pemakuan, Kabupaten Banjar bersama dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat dan masyarakat sekitar. Hasil dari pengabdian ini adalah terlaksananya berbagai pendampingan terkait pemulihan sosial ekonomi pasca bencana, mencakup: a) pelatihan pemasaran produk sagu, b) kegiatan mengajar SD Negeri Pemakuan, Kabupaten Banjar, c) program menciptakan pojok literasi untuk anak-anak di desa Pemakuan, Kabupaten Banjar, d) program membantu mengajar TPA, e) membantu administrasi desa Pemakuan, Kabupaten Banjar, serta f) program bakti sosial dan MJM (Malam Jumat Mengaji).
Unduhan
Referensi
Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18
Arafat, S., Rawe, A. S., Syariah, N., & Abdullah, A. N. (2021). Pengabdian Masyarakat Gerakan Bakti Sosial Penyemprotan Disinfektan Dan Berbagi Paket Santunan Peduli Covid-19 Di Pondok Pasentran Bukit Tengkorak Ndao Kabupaten Ende Flores. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 638. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4918
Asmanang, L. O., Herman, H., Tawakal, F., Indra, I., Puadji, F., Setianingsi, E., Sa’ban, L. . A., & Hastuti, H. (2020). Pembinaan Administrasi Desa Di Desa Wajajaya. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 87. https://doi.org/10.36841/integritas.v4i1.518
Coppola, D.P. 2007. Introduction to International Disaster Management. Oxford: ButterworthHeinemann.
Istikowati, W. T., Sunardi, & Sutiya, B. (2022). PEMANFAATAN LIMBAH SAGU SEBAGAI MEDIA TANAM ( KOMPOS BLOK ). 4(Gambar 2), 32–38.
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nur, M. T. (2017). Manajemen TK/TPA Masjid Jami Nurul Ilham Kassi dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Qur'an pada Santri dan Santriwati di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Kusumasari. (2014). Manajemen Bencana dan Kapabilitas Pemerintah Lokal. Yogyakarta: Gava Media
Rivai, I. N. A., & Mana, R. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran Guru PPL Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SD Negeri Sudirman 1 Makassar. 03(April), 103–109.
Wicaksono, M. A. (2017). Media Social Instagram @Wisatadakwahokura Influence on Followers Intention to Visit. Jom Fisip, 4(2), 1–13.
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Abdul Irvan Arista, Muhammad Rahmattullah, Naila Aziza, Annisa Norhayati Fitri, Aulia Ajijah, Auliana Rizki, Harianti, Leni, Muhammad Noor Aripin, Rabiatul Aulia, Sheila Haifa Putri, Mahmudah Hasanah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.