Pelatihan Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Memecahkan Masalah Matematika Pada MGMP Matematika Kabupaten Muaro Jambi

Penulis

  • Sherli Yurinanda Universitas Jambi
  • Syamsyida Rozi Universitas Jambi
  • Cut Multahadah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1568

Kata Kunci:

Pelatihan , Aplikasi Matematika, Android

Abstrak

Program pengabdian kepada masyarakat (PPM) merupakan salah satu wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi. Berdasarkan hasil observasi,  Guru MGMP Matematika Wil IV Kab. Muaro Jambi  yang menjumpai siswa lebih dominan menggunakan android untuk bermain. Pada kenyataannya android dapat dimanfaatkan sebagai media untuk belajar matematika agar lebih mudah salah satunya melalui aplikasi yaitu Mathway versi Web. Untuk itu Tema PPM ini yaitu Pelatihan Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Memecahkan Masalah Matematika di Bidang Aljabar Pada MGMP Matematika Kab. Muaro Jambi. Kegiatan ini  dilakukan secara daring melalui platform ZOOM. Metode pelaksanaannya berupa pendekatan tentang rencana program dan pelaksanaan. PPM ini dilaksanakan tanggal 27 November 2021 dengan jumah peserta 25 orang. Setelah melaksanakan kegiatan PPM ini,  para peserta yang berpartisipasi sangat antusias dan 95% peserta pelatihan merasa software berbasis android lebih mudah diperoleh, diaplikasikan serta bisa membantu memahami pelajaran di sekolah.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Ke-1, 1, 113–121.

Dwirahayu, G., Halpiani, M., & Kustiawati, D. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir aljabar melalui pembelajaran schema-based instruction dengan strategi fops. Jurnal Fibonacci, 5(2), 105–116.

Ependi,U dan Sofiyah,N. (2015). Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android Sebagai

Media Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah MATRIK Vol.17 No.2, Agustus 2015:109 -122

Hakim A, R., Kristiawan G, D., A, R., R, F., S, B. F., & S, B. A. (2020). Augmented Reality Measurement Sederhana Menggunakan OS Android (ARealSure). Jurnal AMORI, 1(2), 1–8.

Jihad, A., & Lasmanah, A. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika di SMP. Jurnal Analisa, 5(2), 199–205.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 15–20.

Mendikbud RI. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, 1–76.

Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL), 5(2), 102–109.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

NCTM. (2003). Standards for Secondary Mathematics Teacher. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Septiyani, E., & Apriyanto, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Tingkat SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 153–164.

Unduhan

Diterbitkan

08-08-2022

Cara Mengutip

Yurinanda, S., Rozi , S. ., & Multahadah, C. (2022). Pelatihan Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Memecahkan Masalah Matematika Pada MGMP Matematika Kabupaten Muaro Jambi. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 356–361. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1568