Sosialisasi Life Based Learning-STEM Berbasis Teknologi bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2629Kata Kunci:
Sosialisasi, Life Based Learning, STEM, Guru Sekolah DasarAbstrak
Perkembangan dalam bidang pendidikan sangat erat kaitannya dengan istilah inovasi. Inovasi dalam ranah pendidikan adalah sebuah kewajiban bagi semua pelaku pendidikan. Terlebih lagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin tumbuh. Sehingga perlu adanya sosialisasi Life Based Learning-STEM (Science, Technology, Engineering, dan Math) berbasis teknologi bagi guru Sekolah Dasar. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan di SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo dengan melibatkan 12 orang guru sekolah dasar. Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan dua metode yaitu dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan. Kegiatan Pengabdian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo dalam pembelajaran life based learning-STEM. kegiatan ini mendapat respon yang positif dari semua pihak sekolah. Guru-guru sangat mengharapkan agar kegiatan serupa dapat dilanjutkan secara berkala agar dapat mengatasi permasalahan guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar.
Unduhan
Referensi
Haryati, T., Lidinillah, D. A. M., & Karlimah. (2020). Development of the STEM Learning Design in the 2013 Curriculum in Primary Schools: An Analysis and Exploration. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.21831/ didaktika .v3i2.33303
Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2019). Edmodo based blended learning media in learning mathematics. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (JTLEE), 2(2), 107- 117. https://doi.org/10.33578/jtlee.v2i2.7416
Jung, Y. J., Choi, G. W., Kim, S. H. (2023) Design-based education in STEM: for learners of the 21st century, Editor(s): Robert J Tierney, Fazal Rizvi, Kadriye Ercikan, International Encyclopedia of Education (Fourth Edition), Elsevier, https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.13077-5
Nasrah, A. R. H., & Purwanti, Rr. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Pada Siswa Kelas IV SD. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 1-13.https://doi.org/10. 26618/jkpd.v6i1.4166
Prasrihamni, M., Marini, A., Nafiah, M., & Surmilasari, N. (2022). Inovasi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(1), 82-88.
Rahmayanti, L., Antosa, Z., & Adiputra, M. J. (2020). Analysis Of Teacher's Difficulty In Applying Learning With The Saintific Approach. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 72-80. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7850
Rosita, P. R. H. & Erna, S. (2022). Pelatihan Penyusunan RPP berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) di Masa Pandemi Covid-19. International Journal Of Community Service Learning, 6(1) 2022, 10-19. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.42560
Suryaman, S., & Juharyanto, J. (2020). The role of teachers in implementing multicultural education values in the Curriculum 2013 implementation in Indonesia. Journal of Education and Practice, 11(3), 152-156.
Tjiptady, B. C., Rahman, R. Z., Pradani, Y. F., Sulaiman, M. S., Machfuroh, T., & Saepuddin, A. (2021). Sosialisasi peningkatan perekonomian masyarakat melalui badan usaha milik desa di Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 1(1), 35-40.
Tjiptady, B. C., Rohman, M., Saepuddin, A., Fadliana, A., & Choirina, P. (2021). Pelatihan Assembly Cadd Inventor 2021 Untuk Meningkatkan Kapabilitas Guru Pemesinan di Era Revolusi Industri 4.0. Community Development Journal, 2(1).
Tjiptady, B. C., Yoto, & Marsono. (2022). Life-based learning innovation through Android e-module to support long distance learning in 21st century. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2489, No. 1, p. 030009). AIP Publishing LLC.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Wiley.
Wardani, R. P., & Ardhyantama, V. (2021). Kajian Literatur: Stem Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. JPP: Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(1), 1793-1805. https://doi.org/10.21137/jpp.2021.13.1.3
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Suryaman, Bella Cornelia Tjiptady, Yusuf Iskandar, Achmad Zaki
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.