Penerapan Metode DRILL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al Qur’an Hadits Surah Al Lahab di Kelas IV-A Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul ‘Ulama Curungrejo Kepanjen Kabupaten Malang

Authors

  • Ifa Dyah Wulandari Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Aan Fardani Ubaidillah Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Keywords:

Metode Drill, Hasil Belajar, Al Qur’an Hadits Surah Al Lahab

Abstract

Memperbaiki kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik adalah memperbaiki kualitas pembelajarannya. Bila dalam pembelajaran tidak ada inovasi maka akan timbul kejenuhan
dalam diri siswa yang nantinya akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Maka dari itu seorang pendidik harus memiliki banyak inovasi dalam hal mengajar. Yang salah satunya menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Banyak
sekali macam-macam metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh pendidik dalam proses belajar mengajar, agar dalam prosesnya belajar menjadi menyenangkan bagi siswa. Dari banyaknya metode pembelajaran pasti pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang ada dalam metode tersebut. Salah satu metode yang digunakan adalah metode driil. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode driil dapat meningkatkan hasil belajar Al Qur’an Hadits surah Al Lahab Di Kelas IV-A Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul ‘Ulama Curungrejo Kepanjen Kabupaten Malang. Dalam mencapai tujuan penelitian tersebut peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas Partisipan dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan campuran. Model penelitian tindakan kelas Kemmis dam Mc. Taggart, yaitu dengan mengumpulkan data yang berupa hasil dari wawancara, observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sebelum pelaksanaan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan. Rata-rata nilai siswa dari pratindakan sebesar 32% atau
63,6, pada siklus I sebesar 80% atau 87,6 dan siklus II sebesar 80% atau 89,76. Melihat hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode driil dapat meningkatkan hasil belajar Al Qur’an Hadits surah Al Lahab Di Kelas IV-A Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul ‘Ulama Curungrejo Kepanjen Kabupaten Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-29