Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Qiro’ati di TPQ Ar-Rahman Bululawang
Keywords:
Meningkatkan, keterampilan, metode, Qiro’ati, Al-Qur’anAbstract
Dalam meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an melalui metode Qiro’ati di TPQ Ar-Rahman Bululawang memberikan arahan dan masukan kepada santri ataupun wali santri, mengikuti prose belajar membaca Al-Qur’an perlu adanya metode untuk mencapai suatu tujuan. Metode yang digunakan adalah metode
Qiro’ati merupakan salah satu metode dalam pembelajaran membaca Al-qur’an yang
mana metode ini lebih menkankan pada pendekatan keterampilan proses membaca secara cepat dan tepat, baik pada makhorijul huruf ataupun tajwidnya sehingga akan diperoleh hasil pengajarannya yang efektif dan tahan lama dan dapat dikembangkan sesuai kondisi kemampuan anak didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an melalui metode Qiro’ati dan mengatahui upaya upaya dan hasil yang dilakukan ustadzah dalam mengatasi kendala keterampilan membaca AlQu’an melalui metode Qiro’ati di TPQ Ar-Rahman Bululawang. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya kedisipilan ustadzah ataupun santrinya dan kurangnya tenaga pengajar, upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kedisiplinan ustadzah dan menambah tenaga pengajar agar pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati dengan baik dan benar.