Pengembangan Media Pukoda (Puzzle Kosakata Benda) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 MI Miftahul Huda Sukolilo

Authors

  • Nurul Azizah Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Nanik Ulfa Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Keywords:

Media Pembelajaran PUKODA, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Faktor tersebut terjadi karena: Masih ada guru yang menggunakan ceramah dalam menyampaikan materi sehingga menuntut siswa untuk
menghafal materi, Proses pembelajaran yang menuntut siswa mengerjakan soal yang banyak membuat siswa menjadi bosan, Kurangnya iniovasi pembelajaran dari guru, Ada siswa yang masih kesulitan memahami materi. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang dilakukan 5 tahapan yaitu anlisis, desain, pengembangan, implementasi, & evaluatsi. Hasil tes uji coba lapangan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, yaitu pada tes Uji Coba Lapangan dengan hasil validasi media 91% dari ahli media dan 95% dari praktisi materi, sedangkan untuk validasi RPP memperoleh presentase 74% dari ahli media dan 70% dari praktisi materi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-13