Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru

Authors

  • Siti Muawantul Hasanah Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Keywords:

manajemen, kepala sekolah, profesionalisme guru

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar, terencana dalam rangka mewujudkan kondisi belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara Republik Indonesia. Jika kita sederhanakan secara umum makna pendidikan sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan dari dirinya sejak dia lahir yang meliputi aspek jasmani danaspek rohani yang disesuaikan dengan adanya nilai-nilai yang tercermin dalam kehidupan bemasyarakat. Dalam proses menjalankan pendidikan tersebut, maka dibutuhkan sebuah bangunan yang dinamakan sebagai lembaga pendidikan, yang didalamnya terdapat unsur-unsur penunjang keberhasilan lembaga pendidikan, meliputi kepala sekolah, guru, siswa, tendik (tenaga pendidik) dan stake holder. Dari sinilah kepala sekolah sebagai pemangku kebijakan lembaga pendidikan diharapkan lihai dan cakap dalam mengatur ritme organisasi yang dipimpinnya, dan guru sebagai pelaku utama terlaksananya pendidikan yang sesuai amanat undang undang tersebut diatas. sebagi seorang guru wajib memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. kompetensi profesional inilah menjadi salah satu kompetensi yang mutlak melekat pada masing-masing guru. dan dari sinilah kepala sekolah mengambil peran dalam meningkatkan profesionalisme guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-21