Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Materi Peralatan Rumah Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Siswa Kelas III MINU Curungrejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Suhartono Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Ifa Nurhayati Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Keywords:

Model Picture And Picture, Media Gambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa arab kelas IIA dengan menguunakan model pembelajaran picture and picture, Jenis penelitian menggunakan pendekatan Mix Method yaitu gabungan antara pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih luas terhadap masalah- masalah penelitian. Model Penelitian yang digunakan adalah critical study dengan menggunakan Model penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penggunaan model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar bahasa arab pada mataeri peralatan rumah, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pada ranah kognitif siswa dan psikomotoriknya Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Melalui Penerapan Model Picture And Picture dari siklus I rata – rata nilai siswa meningkat 88.16 yang sebelumya pratindakan nilai rata-rata 82,72. Karena pada siklus I peneliti menggunakan media gambar masih belum menggunakan media lain, siswa masih kurang antusias. Selanjutnya setelah peneliti melakukan siklus II, dari rata-rata nilai 88.16 meningkat rata-rata siswa 88.68, meskipun rata rata pada siklus ii meningkat belum begitu pesat, siswa sudah melakukan peningkatan cukup baik dari penelitian pra tidakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-21