Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) Pada Peserta Didik Kelas II Mata Pelajaran Tematik Tema 8 Sub Tema 1 Materi Mengenal Satuan Waktu Dan Menggunakannya Dalam Kehidupan Sehari-

Authors

  • Maudiq Nurul Ulum Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Isna Nurul Inayati Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Keywords:

Pembelajaran RME, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) pada mata pelajaran tematik materi mengenal satuan waktu. Model pembelajaran ini bertitik tolak dari hal-hal real, pendekatan pembelajaran model RME ini menggunakan benda-benda nyata yang akrab dengan kehidupan sehari-hari siswa di jadikan sebagai alat peraga dalam pembelajaran. Banyak faktor yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi aktifitas dan hasil belajar seperti model pembelajaran yang di gunakan monoton, seperti ceramah,tanya jawab dan mencatat, kurang kreasi dan inovasi guru dalam pembelajaran dan kurangnya antusiasme peserta didik ketika pembelajaran berlangsung. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan Model Pembelajaran RME (Realistic
Mathematic Education) agar aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat. Pendekatan penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan mix methods. Adapun model PTK yang di pakai adalah model Kemmis dan Mc Taggart, peneliti melaksanakan penelitian ini melalui dua tindakan yaitu siklus Pra Siklus dan Siklus I. Dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, pengukuran hasil tes belajar, dokumentasi dan pencatatan kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran RME terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Secara kuantitatif hasil tes menunjukkan peningkatan prestasi belajar, yaitu Pra Siklus dengan presentase ketuntasan 25 % meningkat menjadi 55 % siswa dengan hasil tes akhir pada Siklus I yakni sebanyak 17 siswa yang mendapat nilai di atas KKM dari 20 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-21