PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL SISWA KELAS 1 MIN 1 LUMAJANG
Keywords:
flashcard, media pembelajaran, membaca permulaanAbstract
Membaca menduduki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia, sehingga ketrampilan membaca perlu ditekanakan kepada siswa sejak dini. Hasil obaservasi menunjukkan bahwa di MIN 1 Lumajang dimana terdapat 15 siswa dari keseluruhan 28 siswa yang memiliki ketrampilan membaca yang rendah. Penelitian ini menggunakan penilitian Research and Development (RND), dimana penilitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media flashcard terhadap kemampuan membaca awal siswa kelas 1 MIN 1 Lumajang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan test kemampuan membaca. Melalui pengembangan media flashcard bahasa Indonesia diharapkan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk flashcard untuk siswa kelas 1 MIN 1 Lumajang. Hasil uji coba pengembangan media flashcard ini memiliki tingkat kevalidan dari ahli materi/isi 97,2%, dan ahli pembelajaran 96%. Serta telah diujiakan kepada siswa sebelum dan sesudah penggunaan media flashcard mendapat nilai rata-rata 66,1 sebelum penggunaan dan 81,2 sesudah penggunaan. Hasil penelitian menunjukan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa.