PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ANAK SHOLEH FULL DAY
Kata Kunci:
Collaborative skill, cooperative learning model of Team Game Tournament (TGT) typeAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi materi IPA untuk siswa kelas IV SD Anak Sholeh Full Day dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Selain meningkatkan keterampilan kolaborasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, peneliti juga mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Anak Sholeh Full Day Sitiarjo yang berjumlah 20 siswa pada tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan lembar pengamatan keterampilan kolaborasi siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar materi IPA siswa kelas IVA SD Anak Sholeh Full Day dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT). Hal tersebut ditunjukkan pada peningkatan nilai rata-rata kondisi awal keterampilan kolaborasi siswa yaitu 52,5 dengan kriteria cukup kolaboratif, siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata 72,5 dan mencapai kriteria kolaboratif, serta siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 80,75 dengan kriteria kolaboratif.