Penanganan Negasi dalam Analisa Sentimen Bahasa Indonesia

Penulis

  • Rachmad Imam Tarecha Universitas Islam Raden Rahmat
  • Farid Wahyudi Universitas Islam Raden Rahmat
  • Urnika Mudhifatul Jannah Universitas Islam Raden Rahmat

DOI:

https://doi.org/10.33379/jusifor.v1i1.1276

Kata Kunci:

sentimen analisis, cakupan negasi, penanganan negasi, sentiment analysis, scope negation, negation handling

Abstrak

Analisa sentimen merupakan bagian dari proses opinion mining yang termasuk di lingkup kerja pemrosesan bahasa alami dalam domain kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan untuk analisa sentimen ini digunakan untuk mengotomasikan proses analisa sentimen yang biasa dilakukan manusia, namun sudah tidak memungkinkan lagi karena jumlah data yang sagat besar. Dengan teknologi pemrosesan bahasa alami, analisa sentimen dapat dilakukan secara otomatis meskipun banyak data. Teknologi analisa sentimen ini sayangnya menghadapi tantangan serius seperti adanya negasi kata atau kalimat yang membalik makna pesan. Jika negasi tidak diatasi, maka analisa sentimen menjadi tidak valid. Karena itu penelitian ini berupaya menangani negasi kata atau kalimat dalam proses analisa sentimen. Metode yang digunakan berupa proses pembalikan nilai menggunakan fungsi invers jika dalam sebuah kata atau kalimat memuat pesan negasi. Selain inversi juga ditambahkan mekanisme reduksi nilai untuk penanda negasi numeral tak tentu. Penggunaan inversi atau reduksi ditentukan berdasarkan klasifikasi jenis negasinya. Setelah negasi ditangani, didapati bahwa metode yang diusulkan dapat meningkatkan akurasi analisa sentimen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

U. Farooq, “Negation Handling in Sentiment Analysis at Sentence Level,” Journal of Computers, pp. 470–478, 2017, doi: 10.17706/jcp.12.5.470-478.

S. Almatarneh and P. Gamallo, “Automatic Construction of Domain-Specific Sentiment Lexicon for Polarity Classification,” in The PAAMS Collection - 15th International Conference, 2017, vol. 619. doi: 10.1007/978-3-319-61578-3.

A. Rossi, T. Lestari, R. Setya Perdana, and M. A. Fauzi, “Analisis Sentimen Tentang Opini Pilkada Dki 2017 Pada Dokumen Twitter Berbahasa Indonesia Menggunakan Naïve Bayes dan Pembobotan Emoji,” 2017. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

K. Mite-Baidal, C. Delgado-Vera, E. Solís-Avilés, A. H. Espinoza, J. Ortiz-Zambrano, and E. Varela-Tapia, “Sentiment analysis in education domain: A systematic literature review,” in Communications in Computer and Information Science, 2018, vol. 883, pp. 285–297. doi: 10.1007/978-3-030-00940-3_21.

C. Dhaoui, C. M. Webster, and L. P. Tan, “Social media sentiment analysis: lexicon versus machine learning,” Journal of Consumer Marketing, vol. 34, no. 6, pp. 480–488, 2017, doi: 10.1108/JCM-03-2017-2141.

A. M. Ningtyas and G. B. Herwanto, “The Influence of Negation Handling on Sentiment Analysis in Bahasa Indonesia,” 2018.

D. N. Syafar, “NEGASI DALAM BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS,” Jurnal Arbiter, vol. 3, no. 1, 2016.

M. A. Al-Shabi, “Evaluating the performance of the most important Lexicons used to Sentiment analysis and opinions Mining,” International Journal of Computer Science and Network Security, vol. 20, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/343473213

R. Ferdiana, F. Jatmiko, D. D. Purwanti, A. Sekar, T. Ayu, and W. F. Dicka, “Dataset Indonesia untuk Analisis Sentimen,” 2019.

O. Caelen, “A Bayesian interpretation of the confusion matrix,” Annals of Mathematics and Artificial Intelligence, vol. 81, no. 3–4, pp. 429–450, Dec. 2017, doi: 10.1007/s10472-017-9564-8.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-03

Cara Mengutip

Tarecha, R. I., Wahyudi, F., & Jannah, U. M. (2022). Penanganan Negasi dalam Analisa Sentimen Bahasa Indonesia. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (JUSIFOR), 1(1), 51–58. https://doi.org/10.33379/jusifor.v1i1.1276

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>