Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Gojek Menggunakan UX Honeycomb

Penulis

  • Audila Trima Budiarti Mahasiswa
  • Farid Wahyudi Universitas Islam Raden Rahmat
  • Novia Ratnasari

DOI:

https://doi.org/10.33379/jusifor.v1i2.1634

Kata Kunci:

User Experience , Kepuasan Pengguna, Aplikasi Gojek, UX Honeycomb

Abstrak

PT. Gojek Indonesia merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang jasa layanan transportasi. Pengalaman pengguna yang menyenangkan merupakan fokus utama Gojek yang di dasari oleh inovasi terknologi. Namun, pada realitanya masih terdapat kendala pada layanan yang tersedia di aplikasi Gojek Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh user experience terhadap kepuasan pengguna pada aplikasi Gojek menggunakan UX Honeycomb di wilayah Kabupaten Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek pada peneletian ini adalah aplikasi Gojek, dan subjek dari penelitian ini adalah pengguna aplikasi Gojek di Kabupaten Malang. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuisioner. Penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa data hasil kuisioner yang diuji sudah bersifat valid dan reliabilitas. Pada variabel pengalaman penguna indikator yang dominan adalah mudah diakses, sedangkan untuk variabel kepuaan pengguna indikator yang dominan adalah ekspetasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148159.

Farouqi, M. I., Aknuranda, I., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Usability pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability (Vol. 2, Issue 9).

Haryanto, E. (2013). Kualitas Layanan, Fasilitas Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 750760.

Hasibuan, A., & Krianto Sulaiman, O. (2019). Smart City, Konsep Kota Cerdas Sebagai Alternatif Penyelesaian Masalah Perkotaan Kabupaten/Kota, Di Kota-Kota Besar Provinsi Sumatera Utara. In Cetak) Buletin Utama Teknik (Vol. 14, Issue 2). Online.

Kusuma, W., Rokhmawati, R. I., & Ananta, M. T. (2019). Evaluasi Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Learning dengan menggunakan UX 69 Honeycomb. 3(6), 57565764

Meuthia, R. F., & Gustati, F. (2021). Analisis User Experience Pada Aplikasi E-Kelurahan Menggunakan Model UX Honeycomb. 14(2), 34235

Oktarini, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Aplikasi Gojek Di Kota Tangerang. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 6(2), 248.

Septianita, Wi., Agus Winarno, W., & Arif, A. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem , Kualitas Informasi , Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System ( RTS ) Terhadap Kepuasan Pengguna ( Studi Empiris Pada PT . KERETA API INDONESIA ( PERSERO ) DAOP 9 JEMBER ). 1(1), 5356.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Https://www.gojek.com/ diakses pada 13 Maret 2022

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-19

Cara Mengutip

Budiarti, A. T., Wahyudi, F. ., & Ratnasari, N. (2022). Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Gojek Menggunakan UX Honeycomb. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (JUSIFOR), 1(2), 104–111. https://doi.org/10.33379/jusifor.v1i2.1634

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama