Rancang Bangun Aplikasi Arsip Surat berbasis Website di Fakultas Sains dan Teknologi Menggunakan Framework Laravel

Rancang Bangun Aplikasi Arsip Surat berbasis Website di Fakultas Sains dan Teknologi Menggunakan Framework Laravel

Penulis

  • Rahmah Nur Azizah Zain Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Farid Wahyudi Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Novia Ratnasari Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Priska Choirina Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33379/jusifor.v2i1.1652

Kata Kunci:

Sistem Informasi Arsip Surat, Framework Laravel, Waterfall

Abstrak

Dari kemajuan teknologi 4.0 yang berkembang, serta adanya masalah yang di temukan saat PKL (Pelatihan Kerja Lapangan) pada Fakultas Sains dan Teknologi yakni dalam hal pengarsipan surat yang masih manual, yang tidak begitu efektif. Maka di Rancang Aplikasi Arsip Surat Berbasis Website pada Fakultas Sains dan Teknologi yang memudahkan KA.TU Fakultas Sains dan Teknologi dalam pengarsipan, pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan metode keperpustakaan. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Model pengembangan menggunakan model Watefall atau air terjun dengan tahapan Analisa kebutuhan sistem, perancangan desain tampilan , implementasi kode-kode program, serta pengujian aplikasi., serta unit pengujian menggunakan  Blackbox testing. Sehingga mendapatkan Aplikasi Arsip Surat yang memiliki fitur Dashboard, Surat Masuk, Surat Keluar, Data Pengguna, dan Ganti Password. Hasil dari pengujian Blackbox yang dilakukan, aplikasi dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh KA.TU Fakultas Santek untuk melakukan pengarsipan surat masuk dan keluar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, M. R., & Sumaryanto, A. (2020). Pengembangan Aplikasi Pengarsipan Surat Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Desa Sambi, Boyolali). Jurnal Informatika Mulawarman, 15(2), 35-42.

Efendi, M. Z., & Septiawan, A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pengarsipan Surat Berbasis Web dengan Framework Laravel (Studi Kasus: PT. ABC). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 11(1), 14-19.

Indrayanti, A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(1), 19-28.

Kristiyani, R. P., & Yulianto, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Arsip Surat Berbasis Web dengan Framework Laravel (Studi Kasus: PT. XYZ). Jurnal Sains, Teknologi, dan Industri, 2(1), 20-27.

Masyhudi, M. A., & Suparno, S. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pengarsipan Surat Masuk Berbasis Website dengan Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Kantor Desa Tegalrejo, Boyolali). Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi dan Sistem Informasi, 6(2), 143-149.

Prasetiyo, B., & Suhardi, S. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Surat Menyurat Berbasis Web (Studi Kasus: PT. ABC). Jurnal Informatika Upgris, 5(1), 57-67.

Saputra, A. R., & Irawan, M. H. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Arsip Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web (Studi Kasus: PT. XYZ). Jurnal Sains, Teknologi, dan Informatika, 2(2), 97-104.

Saputra, A. R., & Prasetiyo, B. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Pengarsipan Surat Berbasis Website (Studi Kasus: PT. XYZ). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(3), 227-235.

Yudha Pradana, A. (2021). Pengembangan Aplikasi Arsip Surat Berbasis Web dengan Framework Laravel. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 5(1), 41-50.

Triyana, B. E., & Yulianto, A. (2018). Pengembangan Aplikasi Pengarsipan Surat Berbasis Web dengan Framework Laravel. Jurnal Komputasi, 6(2), 46-51.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-13

Cara Mengutip

Nur Azizah Zain, R., Wahyudi, F. ., Ratnasari, N. ., & Choirina, P. . (2023). Rancang Bangun Aplikasi Arsip Surat berbasis Website di Fakultas Sains dan Teknologi Menggunakan Framework Laravel: Rancang Bangun Aplikasi Arsip Surat berbasis Website di Fakultas Sains dan Teknologi Menggunakan Framework Laravel. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (JUSIFOR), 2(1), 35–40. https://doi.org/10.33379/jusifor.v2i1.1652

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>