Analisis Website Pondok Pesantren An-Nur 2 Al-Murtadlo menggunakan Metode PIECES

Penulis

  • Zudan Hanifi Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Farid Wahyudi Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Novia Ratnasari Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Urnika Mudhifatul Jannah Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33379/jusifor.v2i1.1656

Kata Kunci:

Analisis Website, Pondok Pesantren, PIECES

Abstrak

Pondok Pesantren Annur 2 Al-Mutadlo adalah pondok pesantren yang terletak di Kabupaten Malang dan sudah menerapkan sistem modern, diantaranya yaitu adanya website pondok pesantren sebagai sarana untuk menyampaikan informasi seputar pondok pesantren kepada jamaah, alumni maupun wali santri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis website Pondok Pesantren Annur 2 Al- Murtadlo dengan menggunakan metode PIECES yang terdiri dari 6 variabel, yakni Performance, Information, Economy, Control, Efficiency dan Service. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan meringkas berbagai kondisi, situasi atau variabel yang timbul di masyarakat dan menjadi objek penelitian serta dilakukan dengan menggunakan pendekatan statistika. Dari kuesioner yang telah disebarkan kepada para responden didapatkan hasil bahwa pada variabel performance rata-rata jawabannya adalah sangat setuju. Sedangkan pada variabel lainnya untuk rata-rata jawabannya adalah setuju. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa penilaian website pondok pesantren dari kacamata pengunjung dan dari hasil yang didapatkan bisa digunakan sebagai bahan evaluasi serta referensi bagi pengelola website untuk melakukan peningkatan kualitas website pondok pesantren, supaya bisa memberikan pelayanan serta informasi yang lebih baik kepada pengunjung website.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afandi, M. A. 2020. Implementasi Manajemen Pengawasan dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Annur 2 Almurtadlo Bululawang Kabupaten Malang. Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Aini, Q., Shofi, I. M. & Agustin, F. E. M., “Analisis Website Perpustakaan Universitas Islam Negeri Menggunakan Metode Benchmarking dan Goal Oriented Requirements Engineering (GORE) Model”, Jurnal Teknik Informatika, vol 12, no 2, Oktober 2019.

Hadi, A. P. & Rokhman, F. A., “Implementasi Website Sebagai Media Informasi dan Promosi pada Pondok Pesantren Putra-Putri Addainuriyah 2 Semarang”, Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, vol 13, no 1, Juli 2020, pp. 39-49.

Labolo, I., Hamid, R. P. A. & Ismail, A. R., “Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Mobile Sistem Menggunakan Metode Pieces Framework pada STMIK Ichsan Gorontalo”, Prosiding Semmau 2021, hal 181- 185.

Laksono, Condro & Wibowo, Sasono, “Analisis Website KPU Provinsi Jawa Tengah dengan Metode PIECES”, Jurnal Sistem Informasi, 4.

Mita, S. & Zhafi, A. A., “Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi”, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, vol 5, no 1, Oktober 2020.

Priyadi, W., “Analisis Website Menggunakan Metode PIECES di PT Majapahit Teknologi Nusantara”, Jurnal Ilmiah Komputasi, vol 19, no 4, Desember 2020.

Sudaryana, I. K., Sanjaya, H. & Tjong, R., “Analisis Website WIKI Versaillus dengan Menggunakan Metode PIECES”, Journal of Business and Audit Information Systems, vol 2, no 2, Tahun 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed). Bandung: Alfabeta, 2019.

Wahyudi, F., “Rancang Bangun Aplikasi Pembayaran Iuran Komite Berbasis Web di SMK Taman Ilmu Kromengan”, Jurnal Teknologi Terapan: G-Tech, vol 3, no 3, April 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-13

Cara Mengutip

hanifi, zudan, Wahyudi, F. ., Ratnasari, N. ., & Jannah, U. M. . (2023). Analisis Website Pondok Pesantren An-Nur 2 Al-Murtadlo menggunakan Metode PIECES . Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (JUSIFOR), 2(1), 8–15. https://doi.org/10.33379/jusifor.v2i1.1656

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>