Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penayangan Iklan Radio Menggunakan Metode Weighted Product (WP)

Penulis

  • Rika Yunitarini Universitas Trunojoyo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33379/jusifor.v2i1.2341

Kata Kunci:

iklan, radio, sistem pendukung keputusan, weighted product

Abstrak

Penayangan program radio yang diselingi iklan membutuhkan pengelolaan yang baik sehingga dapat tepat sasaran. Seperti jam atau waktu kemunculan iklan tersebut, lama penayangan atau durasi, dan seberapa sering iklan itu muncul di sela program-program radio yang disiarkan. Masalah yang sering terjadi adalah kesulitan dalam memilih mana dari sekian banyak iklan yang akan ditayangan oleh stasiun radio tersebut. Pemilihan ini didasarkan pada beberapa kriteria seperti kesesuaian dengan visi misi radio, jangka kontrak, harga, durasi tayang, serta jam tayang. Selain itu permasalahan lainnya adalah bagaimana membagi penayangan jenis iklan yang beragam, menentukan waktu tayang, pembagian jam tayang prime time dan reguler time. Rumitnya cara pemilihan penayangan iklan sebagai alasan diusulkanya suatu sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan iklan yang akan ditayangkan, dengan kriteria yang memenuhi pihak stasiun radio. Dalam sistem ini menggunakan metode Weighted Product. Metode Weighted Product merupakan metode yang mendukung pengambilan keputusan terhadap multi kriteria. Dengan metode ini diharapkan dapat membantu proses pengambilan keputusan pemilihan penayangan iklan di radio.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Theodora, Novlein. "Studi Tentang Ragam Bahasa Gaul Di Media Elektronika Radio Pada Penyiar Memora-Fm Manado." Acta Diurna Komunikasi 2.1 (2013).

Putri, Dina Safira. "EFEKTIFITAS RADIO SEBAGAI SUMBER INFORMASI DI ERA PANDEMI COVID-19." Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi 6.1 (2020): 41-48.

Mutiah, Mutiah, Efori Buulolo, and Natalia Silalahi. "Implementasi Algoritma Genetika Dalam Penjadwalan Jeda Iklan Pada Stasiun Radio 99.1 Most FM." Building of Informatics, Technology and Science (BITS) 2.2 (2020): 99-108.

Anisya, Anisya, and Ersab Allazi. "Rekayasa Perangkat Lunak Penjadwalan dan Pemesanan Iklan Radio (Studi Kasus: Radio Classy FM)." Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi 3.2 (2018): 82-88.

Simarmata, Allwin M., and Mawaddah Harahap. "Sistem Penjadwalan Iklan Menggunakan Metode Priority Schedulling pada PT. Kidung Indah Selaras Suara (Radio Kiss FM) untuk Efektivitas dan Efisiensi Produksi Siaran." Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP) 2.1 (2019): 337-347.

S. Balaji and M. S. Murugaiyan, "WATEERFALLVs V-MODEL Vs AGILE: A COMPARATIVE STUDY ON SDLC," JITBM, 2012.

R. Susanto dan A. D. Andriana, “Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Majalah Ilmiah UNIKOM.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2012.

Wahid, Aceng Abdul. "Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi." J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November (2020): 1-5.

Kusumadewi, Sri., dan Hartati, Sri. Fuzzy Multi-Atribute Decision Making, Penerbit Grahara Ilmu, Yogyakarta (2006).

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-13

Cara Mengutip

Yunitarini, R. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penayangan Iklan Radio Menggunakan Metode Weighted Product (WP). Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (JUSIFOR), 2(1), 26–34. https://doi.org/10.33379/jusifor.v2i1.2341

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama