Perancangan E-Commerce Dengan Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Bangunan Fatimah

Penulis

  • Evita Nur Ekalia Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Farid Wahyudi Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Zurriat Nyndia Rahmawati Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Muhammad Hanif Fahmi Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Anisa Hudi Widaningrum Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33379/jusifor.v2i2.3007

Kata Kunci:

e-commerce, metode waterfall, business model canvas, search engine optimization

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi isu kurangnya promosi produk di Toko Bangunan Fatimah melalui perancangan dan pengembangan sebuah e-commerce. Proses pengembangan e-commerce ini menggunakan metode waterfall dan menerapkan Unified Modeling Language (UML) untuk mendokumentasikan berbagai aspek sistem. Pendekatan yang diterapkan dalam pembuatan e-commerce ini adalah Business Model Canvas (BMC), yang akan menjadi landasan untuk merancang beragam fitur dan fungsi yang dibutuhkan. E-commerce ini dibangun menggunakan Content Management System (CMS) berbasis platform WordPress, yang merupakan sistem manajemen konten yang terkenal dan fleksibel. Untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, dilakukan optimasi Search Engine Optimization (SEO) agar website dapat dengan mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Selanjutnya, e-commerce ini diuji menggunakan metode Black Box Testing untuk memastikan bahwa semua fitur dan fungsi beroperasi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website e-commerce yang diharapkan dapat membantu Toko Bangunan Fatimah dalam upaya promosi produk serta mempermudah pelanggan dalam mengakses informasi produk dan melakukan pemesanan secara online.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Harmayani, dkk (2020). E-commerce : Suatu Pengantar Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Arief Indrawan, P., & Diana, A. (2020). Perancangan E-commerce dengan Business Model Canvas untuk Peningkatan Penjualan pada Toko Parfum. Jurnal Telematika, 15(1), 19–28.

Miftah Maulana, S., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 1–9.

Kasmi, & Nurdian Candra, A. (2017). Penerapan E-commerce Berbasis Business to Consumers untuk Meningkatkan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal Actual STIE Trisna Negara, 15(2), 109–116.

Rahman, S. (2019). Buku Pintar Web Design dan SEO WordPress 5 PLUS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

R.S., Pressman. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijaya, E.L. & Indriyani. R. (2016). Analisis Business Model Canvas Pada CV. Kayu Murni Surabaya. AGORA, 4(2), 304–313.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

A.S., Rosa, & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Penerbit Informatika.

Wijaya. (2007). Pengertian Data Flow Diagram (DFD). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23

Cara Mengutip

Ekalia, E. N. ., Wahyudi, F. ., Rahmawati, Z. N., Fahmi, M. H. ., & Widaningrum, A. H. . (2023). Perancangan E-Commerce Dengan Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Bangunan Fatimah. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (JUSIFOR), 2(2), 57–66. https://doi.org/10.33379/jusifor.v2i2.3007

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>