Pengaruh Kualitas Website KPU Kabupaten Malang Terhadap User Satisfaction Menggunakan Metode WebQual 4.0 Dan EUCS

Penulis

  • Mia Yuli Putri Wijaya Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Farid Wahyudi Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Zurriat Nyndia Rahmawati Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Merry Nur Fatma SMA Negeri 1 Sumberpucung, Indonesia
  • Novia Ratnasari Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33379/jusifor.v2i2.3581

Kata Kunci:

user satisfaction, usability, format, webqual 4.0, eucs

Abstrak

KPU Kabupaten Malang mengembangkan sistem pelayanannya bercermin pada, Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang PSTE yang berkaitan dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Umum. Berdasarakan hasil studi di mana meninjau grafik statistik tingkat penguna website KPU Kabupaten Malang yang semakin menurun pada setiap waktunya, faktor kualitas website berdasarkan bagaiman pengguna kurang memahami tampilan menu website yang terlihat tumpang tindih maupun, serta informasi yang kurang lengkap dan kurang jelas yang dirasakan pengguna. Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengetahui pengaruh kualitas website KPU Kabupaten Malang terhadap User Satisfaction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan gabungan metode Webqual 4.0 dan EUCS, Hasil yang diperoleh pada penelitian ini, variabel Usability dan Format signifikan, simultan, juga parsial dengan variabel yang paling dominan yaitu varibel Format. Perbaikan sisi Usability, tampilan website yang dapat mempermudah pengguna mencari dan menggunakan informasi, meningkatkan responssivitas website saat digunakan. Sisi Format, memperbaiki bug yang ada pada website, meningkatkan informasi yang lengkap, dan jelas, perbaikan tata letak menu pengaduan yang dapat diletakkan di menu kontak agar lebih efisien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

J. Simarmata et al., Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Manajemen. Yayasan Kita Menulis, 2020.

T. Wahyuningrum and others, Buku Referensi Mengukur Usability Perangkat Lunak. Deepublish, 2021.

F. Wahyudi, H. Respati, and Y. T. Ardianto, “Study on DAPODIK information system: User satisfaction as mediation of system quality and information quality on net benefit,” in Information and knowledge Management, 2017, pp. 53–62.

M. Akbar, A. Rachmadi, and A. D. Herlambang, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan Metode WebQual 4.0,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 7, pp. 2542–2548, 2018.

R. Kriswibowo, B. F. Supriyanto, M. H. Arief, J. G. Noke, and H. V. Sari, “Evaluasi Kualitas Website KPU Kabupaten Kediri Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” IJEIS (Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation Systems), vol. 11, no. 1, pp. 103–112, 2021.

H. Alifiarga, “Penerapan metode webqual 4.0 pada pengukuran kualitas website pencarian kerja (studi kasus: Jobstreet),” B.S. thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah …, 2019.

J. A. Yani, A. A. P. Mangkunegara, P. K. E. Revisi, and R. Aditama, “Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta,” Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku, 1995.

M. W. Fitrayana, “TA: Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website DPRD Provinsi Jawa Timur Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode Webqual 4.0 Modifikasi,” PhD Thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, 2018.

M. R. ISTHAFANA, “Analisis kualitas website Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menggunakan metode webqual 4.0 modifikasi,” Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2019.

G. Mardiatmoko, “Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda [canarium indicum l.]),” BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, vol. 14, no. 3, pp. 333–342, 2020.

I. A. Putra, K. O. Saputra, and W. G. Ariastina, “Evaluasi Kualitas Dan Kepuasan Pengguna Website Imissu Dengan Penerapan Metode Webqual 4.0,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 18, pp. 259–266, 2019.

A. F. Bahari and M. Ashoer, “Pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen ekowisata,” Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, vol. 5, no. 1, pp. 68–78, 2018.

“MEMAHAMI UJI T DALAM REGRESI LINEAR.” Accessed: March. 23, 2023. [Online]. Available: https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-uji-t-dalam-regresi-linear/

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23

Cara Mengutip

Wijaya, M. Y. P. ., Wahyudi, F. ., Rahmawati, Z. N. ., Fatma, M. N. ., & Ratnasari, N. . (2023). Pengaruh Kualitas Website KPU Kabupaten Malang Terhadap User Satisfaction Menggunakan Metode WebQual 4.0 Dan EUCS. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (JUSIFOR), 2(2), 67–74. https://doi.org/10.33379/jusifor.v2i2.3581

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama