Sistem Informasi Pengingat Treatment Pada Pasien Di Klinik Kecantikan Ramdani Skincare Berbasis SMS Gateway

Penulis

  • Fernanda Agustin Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Urnika Mudhifatul Jannah Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Rachmad Imam Tarecha Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Muhammad Rizal Akbar Zamzami Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Amalia Agung Septarina Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33379/jusifor.v2i2.3642

Kata Kunci:

sistem informasi, SMS Gateway, Reminder, Laravel, waterfall

Abstrak

Sistem pencatatan manual dan pengarsipan yang digunakan untuk penjadwalan perawatan pasien di Klinik Kecantikan Ramdani cenderung mengakibatkan akumulasi data yang tidak akurat dan potensi keterlambatan pasien dalam mengikuti jadwal perawatan. Sebagai respons, penelitian ini mengimplementasikan sistem pengingat perawatan berbasis SMS Gateway untuk meningkatkan akurasi dan keteraturan pasien.  Metodologi penelitian melibatkan model Waterfall, yang mencakup analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi program, pengujian, dan pemeliharaan. Selain itu, analisis sistem menggunakan metode uji Black-box dan White-box untuk mengevaluasi secara menyeluruh fungsionalitas sistem. Hasil dari kedua metode analisis menunjukkan bahwa keseluruhan fungsi sistem sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Implementasi sistem berbasis SMS Gateway terbukti efektif dalam mengelola data perawatan pasien dan mengirimkan pengingat jadwal secara otomatis. Integrasi uji Black-box dan White-box memastikan keandalan dan fungsionalitas sistem, menunjukkan keberhasilannya dalam mengoptimalkan layanan di Klinik Kecantikan Ramdani Skincare.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

K. Kussudyarsana and L. Rejeki, “Pengaruh Media Sosial Online Dan Media Promosi Offline Terhadap Pemilihan Merek Produk Skincare Dan Klinik Kecantikan,” Jurnal Manajemen Dayasaing, vol. 22, no. 1, Art. no. 1, Jul. 2020, doi: 10.23917/dayasaing.v22i1.10701.

S. Nuriaten and A. Kurnia, “SEME’ Sebagai Identitas Budaya Wanita Sumbawa,” KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, vol. 3, no. 2, Art. no. 2, 2021, doi: 10.36761/kagangakomunika.v3i2.1517.

A. M. A. Saputra, L. P. I. Kharisma, A. A. Rizal, M. I. Burhan, and N. W. Purnawati, TEKNOLOGI INFORMASI: Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

W. Wilieyam and G. N. Sevani, “Aplikasi Reminder Pengobatan Pasien Berbasis SMS Gateway,” INKOM, vol. 7, no. 1, pp. 11–20, 2013, doi: 10.14203/j.inkom.215.

A. Wani, A. Sunoto, and H. Hendrawan, “Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web Dan SMS Gateway Pada Puskesmas Desa Tidar Kuranji,” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 12, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2018.

T. B. Tahir, M. Rais, and M. A. H. Sirad, “Aplikasi Point OF Sales Menggunakan Framework Laravel,” JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2019, doi: 10.33387/jiko.v2i2.1313.

J. Moedjahedy, “Implementasi Cron Job Linux Sebagai Bel Pergantian Kelas Otomatis Di Universitas Klabat,” CogITo Smart Journal, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2018, doi: 10.31154/cogito.v4i1.97.1-10.

M. Tabrani, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Inventori PT. Pangan Sehat Sejahtera,” Jurnal Inkofar, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Feb. 2018, doi: 10.46846/jurnalinkofar.v1i2.12.

Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan PT INKA (PERSERO) Berbasis Equivalence Partitions,” Jurnal Digital Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2021, doi: 10.32502/digital.v4i1.3163.

N. Afni, R. Pakpahan, and A. R. Jumarah, “Rancang bangun sistem informasi penggajian dengan implementasi metode waterfall,” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 7, no. 2, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23

Cara Mengutip

Agustin, F. ., Jannah, U. M. ., Tarecha, R. I. ., Zamzami, M. R. A. ., & Septarina, A. A. . (2023). Sistem Informasi Pengingat Treatment Pada Pasien Di Klinik Kecantikan Ramdani Skincare Berbasis SMS Gateway. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (JUSIFOR), 2(2), 94–101. https://doi.org/10.33379/jusifor.v2i2.3642