Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa

Penulis

  • Tia Irnadianis Ifada Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Novia Ratnasari Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Indonesia
  • Zurriat Nyndia Rahmawati Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Indonesia
  • Farid Wahyudi Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Indonesia
  • Anisa Hudi Widaningrum Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Indonesia
  • Rachmad Imam Tarecha Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33379/jusifor.v3i1.4415

Kata Kunci:

Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, Aplikasi Shopee, E-Servqual

Abstrak

Di Indonesia Shopee menjadi platform e-commerce yang banyak diminati. Hal ini terbukti pada banyaknya konsumen yang mengunjungi aplikasi Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan Shopee mempengaruhi kepuasan konsumen mahasiswa fakultas sains dan teknologi. Metode analisis kuantitatif penelitian ini menggunakan metode pendekatan E-Servqual. Secara keseluruhan, 50 responden digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Seluruh data dalam hasil kuesioner yang dievaluasi adalah valid dan dapat diandalkan, sesuai dengan temuan penelitian. Oleh karena itu kepuasan konsumen dipengaruhi secara signifikan oleh variabel kualitas layanan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,123. Keandalan dan kontak merupakan indikator terpenting pada variabel kualitas layanan menggunakan E-Servqual, sedangkan kesediaan untuk merekomendasikan merupakan sinyal terpenting bagi kepuasan konsumen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aziz, N. (2013). Pemanfaatan Teknologi Internet Dalam Pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam Iain Sulthan Thaha Saifuddin, 4(1), 75–87.

Amalia, L. I., Ika Sari, M., & Gunawan Wibowo, Y. (2013). Analisis Elektronik Service Quality (E-Servqual) Untuk Mengukur Customer Satisfaction Index (Csi) Toko Online Shopee (Studi Kasus : Pelanggan Toko Online Shopee).

Candra Gudiato, Eko Sediyono, I. S. (2022). Analisis Sistem E - Commerce Pada Shopee Untuk Meningkatkan Daya Saing Menggunakan Metode S.W.O.T. Jurnal Of Information Technology

Dwilaksono Faryadi, F. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Di Surabaya. Journal Of Business Theory And Practice, 10(2)

Garaika, & Darmanah. (2019). Metodologi Penelitian

Priyantini, A. M. (2022). Pengaruh Dimensi Electronic Service Quality (E-Servqual) Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Aplikasi Pos Aja! Di Kabupaten Boyolali. 33(1), 1–12

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Wiswasta, I. G. N. A., Sukamerta, I. M., Wedagama, D. M., & Agung, I. G. A. A. (2017). Metode Penelitian Dan Analisis Statistik Kuantitatif Deskriptif. 1–66.

Zinah, S., Hamzah, M. L., Rozanda, N. E., & Salisah, F. N. (2023). Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Shopee Menggunakan Metode E-Servqual Dan Kano. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informas, 10(2), 316–328

Juhria, A., Meinitasari, N., Iqbal Fauzi, F., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aplikassi E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen, 13(1), 55–62.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-07

Cara Mengutip

Ifada, T. I., Ratnasari, N. ., Rahmawati, Z. N. ., Wahyudi, F. ., Widanigrum, A. H. ., & Tarecha, R. I. . (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa . Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (JUSIFOR), 3(1), 38–44. https://doi.org/10.33379/jusifor.v3i1.4415

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>