KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VI SD SE-KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v2i1.1231Kata Kunci:
Korelasi, perhatian orang tua, tanggung jawab belajar siswaAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya tanggung jawab belajar siswa di SDN 02 Pakisaji selama pembelajaran daring yang dilakukan selama new normal. Faktor yang paling berpengaruh adalah hubungan orang tua dan anak, khususnya dalam hal pengawasan dan perhatian dalam hal aktivitas belajar. Berdasarkan permasalahn tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pakisaji. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan responden sejumlah 160 siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, angket. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan perhitungan analisis regresi diperoleh nilai ????ℎ????????????????????= 350,639 dan nilai signifikansi 0,000, sesuai persyaratan signifikansi >0,05 dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Perhatian orang tua memberikan kontribusi sebesar 68,9% terhadap tanggung jawab belajar siswa. Hal ini berarti bahwa perhatian orang tua dan tanggung jawab belajar siswa saling berhubungan serta meningkat atau menurunnya tanggung jawab belajar siswa ditentukan oleh perhatian orang tua sebesar 68,9%.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Yulia Eka Yanti, Maylin Putri Anifia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.