KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VI SD SE-KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG

Penulis

  • Yulia Eka Yanti PGSD UNIRA MALANG
  • Maylin Putri Anifia Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33379/primed.v2i1.1231

Kata Kunci:

Korelasi, perhatian orang tua, tanggung jawab belajar siswa

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya tanggung jawab belajar siswa di SDN 02 Pakisaji selama pembelajaran daring yang dilakukan selama new normal. Faktor yang paling berpengaruh adalah hubungan orang tua  dan anak, khususnya dalam  hal pengawasan dan perhatian dalam hal aktivitas belajar. Berdasarkan permasalahn tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pakisaji. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan responden sejumlah 160 siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi,  angket. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan perhitungan analisis regresi diperoleh nilai ????ℎ????????????????????= 350,639 dan nilai signifikansi 0,000, sesuai persyaratan signifikansi >0,05 dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Perhatian orang tua memberikan kontribusi sebesar 68,9%  terhadap tanggung jawab belajar siswa. Hal ini berarti bahwa perhatian orang tua dan tanggung jawab belajar siswa saling berhubungan serta meningkat atau menurunnya tanggung jawab belajar siswa ditentukan oleh perhatian orang tua sebesar 68,9%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-03-27

Cara Mengutip

Yanti, Y. E., & Anifia, M. P. . (2022). KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VI SD SE-KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG. Primary Education Journal or Primary School Journal, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.33379/primed.v2i1.1231

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama