ANALISIS INSTRUMENT TES MULTIPLE CHOICE SEBAGAI ALAT EVALUASI MATA PELAJARAN SKI KELAS IX DI MTS PRINGGABAYA
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1363Keywords:
Analisis Multiple Choice, EvaluasiAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis objective tes multiple choice sebagai evaluas pembelajaran dalam mengetahui ketercapaian siswa menangkap materi yang diajarkan guru. Bentuk tes objektif multiple choice dikenal dengan tes jawaban singkat. Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskrptif dimana menjelaskan kembali tentang penemuan-penemuan oleh penulis, kemudian dianalisis secara rinci. Teknik pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi, dokumen berupa hasil penilaian akhir semester. Sampel pada penelitian ini yakni seluruh kelas IX MTs NWDI Pringgabaya Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur-NTB. Hasil dari analisis peneliti yaitu validitas butir soal tes multiple chice memiliki banyak 32 soal atau 72% butir soal kategori valid dan 18 soal atau 28% butir soal kategori tidak valid. Adapun tingkat kesukaran dari 50 soal terdapat 35 soal atau 70% kategori mudah, 10 soal atau 20% kategori sedang, terdapat 5 atau 10% kategori sukar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tes multiple choice memiliki tingkat kesukaran rendah
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suhandi, Maemonah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.