ANALISIS INSTRUMENT TES MULTIPLE CHOICE SEBAGAI ALAT EVALUASI MATA PELAJARAN SKI KELAS IX DI MTS PRINGGABAYA

Penulis

  • suhandi suhandi a:1:{s:5:"en_US";s:50:"Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta";}
  • Maemonah Maemonah Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1363

Kata Kunci:

Analisis Multiple Choice, Evaluasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis objective tes multiple choice sebagai evaluas pembelajaran dalam mengetahui ketercapaian siswa menangkap materi yang diajarkan guru. Bentuk tes objektif multiple choice dikenal dengan tes jawaban singkat. Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskrptif dimana menjelaskan kembali tentang penemuan-penemuan oleh penulis, kemudian dianalisis secara rinci. Teknik pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi, dokumen berupa hasil penilaian akhir semester. Sampel pada penelitian ini yakni seluruh kelas IX MTs NWDI Pringgabaya Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur-NTB. Hasil dari analisis peneliti yaitu validitas butir soal tes multiple chice memiliki banyak 32 soal atau 72% butir soal kategori valid dan 18 soal atau 28% butir soal kategori tidak valid. Adapun tingkat kesukaran dari 50 soal terdapat 35 soal atau 70% kategori mudah, 10 soal atau 20% kategori sedang, terdapat 5 atau 10% kategori sukar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tes multiple choice memiliki tingkat kesukaran rendah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-08-27

Cara Mengutip

suhandi, suhandi, & Maemonah, M. (2022). ANALISIS INSTRUMENT TES MULTIPLE CHOICE SEBAGAI ALAT EVALUASI MATA PELAJARAN SKI KELAS IX DI MTS PRINGGABAYA. Jurnal PRIMED:Primary Education Journal Atau Jurnal Ke-SD An, 2(2), 91–101. https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1363

Terbitan

Bagian

Articles