PENGEMBANGAN MEDIA BUSA SEDAP (BUKU SAKU SUMBER ENERGI DAN PERUBAHAN) TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yulia Eka Yanti PGSD UNIRA MALANG
  • Nur Faizah Nafiatul Himmah Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1612

Keywords:

Media Busa Sedap, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas III sekolah dasar dengan mengaplikasikan media yang diberi nama Busa Sedap yang valid dan dapat digunakan  juga dapat membantu siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan yang dillakukan mengadaptasi model pengembangan Borg&Gall yang terdiri dari 9 tahap: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk terbatas, 7) revisi produk II, 8) uji coba produk utama, 9) revisi produk III. Subjek pada penelitian ini adalah 15 siswa kelas III SD NU Hasanuddin Dilem 02. Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen penelitian meliputi: wawancara, angket motivasi, angket keterbacaan,serta dokumentasi. Hasil analisis data penilaian media Busa Sedap oleh validator menunujukkan persentase 98,6%. Sedangkan hasil validasi ahli materi menghasilkan persentase 92,5%. Dari keseluruhan hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa media busa sedap layak dan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket motivasi belajar yang diperoleh dari angket before diperoleh hasil 33,2%, sedangkan angket motivasi belajar after  diperoleh hasil 75% maka diperoleh peningkatan sebanyak 41,8%. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media busa sedap dapat memotivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

27-08-2022

How to Cite

Yanti, Y. E., & Himmah, N. F. N. . (2022). PENGEMBANGAN MEDIA BUSA SEDAP (BUKU SAKU SUMBER ENERGI DAN PERUBAHAN) TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 2(2), 112–119. https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1612