PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 2 SDN 01 LANDUNGSARI
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1614Keywords:
keterampilan membaca, pembelajaran tematik, media kartu gambarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya minat membaca siswa serta kurangya kemampuan siswa dalam keterampilan membaca, semua itu karna keterampilan membaca merupakan kemampuan membaca dengan baik dan benar dan juga kemampuan yang harus di miliki oleh setiap orang. Tidak hanya keterampilan membaca saja yang penting akan tetapi keterampilan menulis, berbicara, dan mendengarkan juga penting bagi kehidupan sehari- hari. Keterampilan membaca ini juga sangat penting dalam pembelajaran tematik. Dalam pembelajaran tematik terdapat tema dan subtema dan di dalamnya harus memuat kompetensi dasar (KD) dan kompetensi inti (KI). Penggunaan media pembelajaran sangatlah penting untuk mendukung suatu kegiatan pembelajaran agar mencapai suatu tujuan yang telah di rencanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan pembelajaran dalam keterampilan membaca siswa di kelas 2 SDN 01 Landungsari, dan untuk mengetahui bagaimana penerapan atau pengguanaan media kartu gambar dalam meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas 2 SDN 01 Landungsari. Dan subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 2 SDN 01 Landungsari, dan metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Tindakan kelas (PTK) dan pengamatan dengan melakukan observasi awal dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil dari penelitian termasuk hasil dari kedua siklus bahwa dengan menggunakan media kartu gambar tidak sepenuhnya meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 SDN 01 Landungsari, semua itu harus di imbangi dengan usaha keras dari seorang guru saat memberikan pengajaran dan sebuah dorongan atau dukungan dari orang-orang terdekatnya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Amita Safitri, Innany Mukhlishina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.